Waspada Corona, Ansor Bojonegoro Semprot Disinfektan Fasilitas Umum

 Waspada Corona, Ansor Bojonegoro Semprot Disinfektan Fasilitas Umum


HIDAYATUNA.COM, Bojonegoro — Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bojonegoro bersama BMTNU setempat melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona. Kegiatan dilakukan di Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Ahad (22/3) kemarin.

“Harapannya melalui upaya ini memberi manfaat langsung kepada masyarakat yang hendak beribadah di masjid dan mushala,” kata Ketua PAC GP Ansor Kasiman, Al Mu’is di sela-sela penyemprotan dikutip Senin (23/3/2020).

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk nyata dukungan warga NU kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah Corona yang kian meluas. Selain penyemprotan juga dilakukan sosialisasi pencegahan-penanganan wabah dan pemberian bahan disinfektan.

“Agar masyarakat memahami penyebaran virus Corona dan berperilaku hidup sehat. Termasuk takmir masjid dan mushala dapat mengantisipasi penyebaran virus Corona di daerahnya masing-masing,” ujar Ketua PAC GP Ansor Bojonegoro itu.

Ia menambahkan, peralatan yang digunakan penyeprotan berasal dari alat kesehatan, yakni kompres pertanian. Pasalnya, masyarakat setempat banyak yang menggunakan alat tersebut. Namun pembuatan desinfektan belajar dari tutorial youtube Lumajang TV, yang disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang juga pengurus PW GP Ansor Jawa Timur. Dari situs tersebut, para pemuda Ansor di Kota Ledre meracik sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan desinfektan.

“Penyemprotan dan sosialisasi dilakukan di beberapa masjid dan mushala di Kecamatan Kasiman. Di antaranya Masjid Al-Ikhlas Sambeng, Masjid Miftahul Huda Batokan, Masjid Al-Abror Betet, Masjid Baitus Salam Besah, Masjid Arrohman Sidomukti, mushala Nurul Jadid Besah dan beberapa masjid serta mushala lain di Kecamatan Kasiman,” ungkapnya.

Direktur BMT NU Kasiman, Khoirul Anwar mendukung upaya baik ini dan mengharap agar dapat diikuti oleh semua kelompok. “Jangan takut, mari bersama saling menguatkan. Rencana akan kami lakukan secara berkala di masjid dan mushala di Kecamatan Kasiman,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply