Wantim MUI Minta Pemerintah Agar Konsisten Soal PSBB

 Wantim MUI Minta Pemerintah Agar Konsisten Soal PSBB


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Soal kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemerintah diminta agar konsisten. Hal ini disampaikan Sekretaris Wantim MUI, Noor Ahmad dalam tausiah Idul Fitri 1441 Hijriah yang disiarkan secara virtual, Rabu, 20 Mei 2020.

Dengan sikap konsisten, diharapkan tak ada kesan diskriminasi kebijakan. “Pemerintah agar konsekuen, transparan, dan berkeadilan dalam menegakkan kebijakan tentang PSBB,” ungkap Noor Ahmad.

Ia menilai, kebijakan mengizinkan kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan di tempat umum harus ditindak tegas. Namun, masjid ditutup dan tak bisa dipakai untuk penyelenggaraan ibadah dan syiar keagamaan umat Islam.

“Hendaknya pemerintah juga bersikap tegas tanpa terkesan diskriminatif terhadap kelompok masyarakat atau tempat fasilitas publik tertentu,” jelasnya.

Dia juga meminta umat Islam semakin meningkatkan ibadah di pengujung Ramadan. Misalnya dengan melaksanakan amal sosial seperti menyegerakan menunaikan zakat fitrah, infak, dan sedekah.

“Serta zakat mal kepada mustahik terutama mereka yang terdampak wabah virus korona (covid-19) secara ekonomi,” ucap Noor.

Selain itu, Idulfitri tahun ini hendaknya disongsong dengan kegembiraan meski di tengah pandemi.

“Menunaikan ibadah-ibadah Ramadan dengan baik di tengah suasana penuh keprihatinan sebagai dampak pandemi covid-19 yang berdampak di berbagai sektor kehidupan bangsa,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply