Viral, Youtuber ini Sebut Al-Quran Kitab Paling Bodoh

 Viral, Youtuber ini Sebut Al-Quran Kitab Paling Bodoh

Jozeph Paul Zhang

HIDAYATUNA.COM – Seorang youtuber bernama akun Jozeph Paul Zhang mengadakan live dan mengkritik Islam, namun kritik yang ia lontarkan terlihat “ngawur” dan justru condong kepada penghinaan.

Paul Zhang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW marah jika ditanya tentang turunnya Al-Quran.

“Islam agama yang paling tidak masuk akal dan paling absurd, bahkan ketika Muhammad ditanya tentang turunnya Al-Quran muhammad marah-marah dia mencak-mencak. Lalu dia bilang, yang banyak nanya nanti masuk neraka” ucap Paul Zhang.

Apa yang dikatakan Paul Zhang ini jelas bertentangan dengan fakta yang ada, karena dalam kitab-kitab tafsir telah dijelaskan Asbabun Nuzul surah dan ayat Al-Quran.

Menafsiri Sendiri Surah Al-Maidah Ayat 101

Paul Zhang juga menafsiri sendiri surah Al-Maidah ayat 101 yang dengan mengatakan isi ayat tersebut adalah sebagai berikut :

“makanya ada Al-Maidah 101, jangan banyak bertanya dari mana asal-usul turunya al-quran, karena dia tidak bisa menjawab dan turunnya al-quran tidak ada saksi” ucap Paul Zhang.

Padahal redaksi dan penafsiran surah Al-Maidah 101 tidak lah demikian, berikut bunyi surah Al-Maidah ayat 101 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَسْـَٔلُوا۟ عَنْ أَشْيَآءَ إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ وَإ��ن تَسْـَٔلُوا۟ عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ ٱلْقُرْءَانُ تُبْدَ لَكُمْ عَفَا ٱللَّهُ عَنْهَا ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.”

Asbabun Nuzul Al-Maidah 1010

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan tentang Asbabnun Nuzul surah Al-Maidah ayat 101 tersebut sebagai berikut :

عَنْ أَبِي البَخْتَريّ -وَهُوَ سَعِيدُ بْنُ فَيْرُوزَ-عَنْ عَلِيٍّ قَالَ: لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: {وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا} [آلِ عِمْرَانَ: 97] قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ،كُلَّ عَامٍ؟ فَسَكَتَ. فَقَالُوا: أَفِي كُلِّ عَامٍ؟ فَسَكَتَ، قَالَ: ثُمَّ قَالُوا: أَفِي كُلِّ عَامٍ؟ فَقَالَ: “لَا وَلَوْ قُلْتُ: نَعَمْ لَوَجَبَتْ”، فَأَنْزَلَ اللَّهُ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَسْأَلُوا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ} إِلَى آخَرِ الْآيَةِ.

“Dari Abul Bukhturi (yaitu Sa’id ibnu Fairuz), dari Ali yang menceritakan bahwa ketika ayat ini diturunkan, yakni firman-Nya: Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah (Ali Imran: 97) Lalu mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah untuk setiap tahun?” Rasulullah Saw. diam, tidak menjawab. Mereka bertanya lagi, “Apakah untuk setiap tahun?” Rasulullah Saw. tetap diam. Kemudian mereka bertanya lagi, “Apakah untuk setiap tahun?” Rasulullah Saw. baru menjawab: Tidak, dan seandainya kukatakan ya, niscaya menjadi wajib; dan seandainya diwajibkan (tiap tahunnya), niscaya kalian tidak akan mampu. Lalu Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan (kepada nabi kalian) hal-hal yang jika diterangkan kepada kalian niscaya menyusahkan kalian. (Al-Maidah: 101), hingga akhir ayat.”

Selanjutnya Ibnu Katsir juga menjelaskan penafsiran ayat وَإِن تَسْـَٔلُوا۟ عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ ٱلْقُرْءَانُ تُبْدَ لَكُمْ “Yakni jika kalian menanyakan hal-hal tersebut yang kalian dilarang menanyakannya di saat wahyu diturunkan kepada Rasulullah Saw., niscaya akan dijelaskan kepada kalian. Dan hal itu sangat mudah bagi Allah.”

Sebut Al-Quran Kitab Paling Bodoh

Sangat disayangkan selain menafsiri sendiri ayat quran, Paul Zhang bahkan juga melontarkan kata-kata penghinaan kepada kitab suci Al-Quran.

“Membikin al-quran itu gampang banget, kitab paling bodoh itu al-Quran itu. itukan orang kesurupan orang kejang-kejang, bikin Al-Quran itu gampang, sejarahnya runutanya juga tidak jelas. orang-orangnya juga semuanya ngarang-ngarang” ucap Zhang pada menit ke 1:01:00

“Asal baca dongeng si kancil aja saya bisa bikin Al-Quran, Al-Quran itu kitab paling gampang dibikin.” Tambah Zhang.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kt9-xn0IYOU

Redaksi

Terkait

Leave a Reply