Untuk Pertama Kalinya Manila Miliki Pemakaman Muslim Sendiri

 Untuk Pertama Kalinya Manila Miliki Pemakaman Muslim Sendiri

Untuk Pertama Kalinya Manila Miliki Pemakaman Muslim Sendiri

HIDAYATUNA.COM – Pemerintah Kota Manila, Filipina membangun tempat pemakaman untuk pertama kalinya serta Aula Budaya yang diperuntukkan bagi penduduk Muslim di kota itu.


Pembangunan pemakaman tersebut telah dimulai dengan upacara peletakan batu pertama hari Rabu (22/7/20).

Pemerintah kota mengalokasikan 49,3 juta peso untuk pemakaman Muslim tersebut, yang dibangun di atas sekitar 2.400 meter persegi tanah di Pemakaman Selatan Manila.

Dilansir dari Inquirer Net, Walikota Manila Isko Moreno mencatat bahwa pemakaman tersebut dibangun di lokasi yang berdekatan dengan pemukimnan komunitas Muslim. Sehingga apa bila nantinya ada keluarga muslim yang meninggal, tidak seperti sebelumnya dimana mereka mendapatkan layanan pemakaman di tempat-tempat yang lebih jauh seperti Bulacan, Taguig atau Mindanao.

“Sebagai pengakuan atas kepercayaan dan tradisi saudara-saudari Muslim kami, kami akan membangun Pemakaman Muslim Manila sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh untuk menguburkan orang-orang yang mereka cintai yang telah meninggal,” ujar Moreno memimpin upacara peletakan batu pertama dikutip hidayatuna.com, Rabu (22/7/20).

Moreno juga menggarisbawahi pelestarian dan pengakuan sejarah dan budaya Muslim di ibu kota Filipina tersebut.

“Mengapa penting untuk membahas peran Raja Sulaiman dalam sejarah Manila? Ini untuk menunjukkan bahwa penting untuk memberikan pengakuan yang tepat kepada umat Islam dalam pengembangan kota kami karena merekalah yang mendirikan dan membuat hebat Kerajaan Maynila sebelum penaklukan Spanyol, ”kata Moreno.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply