Umat Muslim yang Jalankan Ibadah Puasa Diminta Tetap Di Rumah

 Umat Muslim yang Jalankan Ibadah Puasa Diminta Tetap Di Rumah

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pemerintah meminta umat muslim di Indonesia untuk tetap di rumah saja saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriah. Hal ini disampikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto dikutip Sabtu (25/4/2020).

Umat Muslim yang saat ini sedang menjalankan ibadah Ramadhan, kata Yurianto, “Sebaiknya kita laksanakan Ramadhan bersama keluarga di rumah.”

Menurutnya karena di luar rumah seseorang tidak pernah tahu siapa dan dimana orang yang membawa virus corona berada. “Banyak orang tanpa gangguan yang tidak bisa kita bedakan dengan mata biasa,” jelasnya.

Ia menjelaskan pula bahwa social distancing juga penting dilakukan. Yurianto mengatakan apabila seseorang membeli makanan hendaknya melalui jasa antar. Hal ini dilakukan guna menghindari penularan virus corona.

Selain itu dirinya juga meminta untuk selalu memakai masker saat keluar rumah dan senantiasa mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Yuri juga meminta masyarakat untuk tidak mudik sebagaimana yang sudah diintruksikan presiden Jokowi.

“Jangan mudik, ini menjadi kunci tetap tinggal di rumah adalah yang terbaik. Untuk memastikan bahwa kita tidak tertular dan tidak menulari orang lain,” ujar dia.

Selain itu, membatasi waktu berada di luar rumah juga disebut penting. “Jangan naik kendaraan umum yang penuh sesak jika membeli makanan atau minuman lebih baik dibungkus dan dimakan di rumah sebisanya usahakan membeli dengan jasa pengantar,” ungkapnya. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply