UIN Bandung Bagikan Hand Sanitizer ke Masjid-Masjid

 UIN Bandung Bagikan Hand Sanitizer ke Masjid-Masjid

HIDAYATUNA.COM, Bandung – Sejumlah Mahasiswa dan civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati, atau SGD Bandung, Faklutas Sains dan Teknologi, atau FST, membagikan hand sanitizer untuk masjid-masjid di Bandung.

“Melihat kondisi langka dan mahalnya hand sanitizer di tengah masyarakat, alhamdulillah berkat dukungan dari semua pihak, produksi awal dilakukan pada 17 Maret 2020 di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Spesifikasi dan proses produksi hand sanitizer telah sesuai dengan apa yang dianjurkan BPOM  tentang Pembuatan Hand Sanitizer dalam Upaya Mencegah Virus Corona,” kata Dekan FST, Hasniah Aliah dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Hasniah, proses produksi sendiri merupakan kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen di bawah pengawasan langsung Koordinator Laboratorium Kimia Vina Amalia. Untuk tahap awal, telah diproduksi 20 botol isi 250 ml dan 70 botol isi 100 ml dengan biaya produksi yang relatif murah, hanya dua juta rupiah.
 
“Alhamdulillah, untuk produk pada tahap pertama ini telah didistribusikan ke masjid-masjid di sekitar Bandung Timur, mulai dari mesjid Al-Muhajir, As-Siroj, Kifa, Al-Huda sampai Ikomah di lingkungan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” jelasnya.

Ke depan, FST UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan memproduksi dalam skala lebih besar yang dapat dipergunakan dalam program pengabdian pada masyarakat.

“Selain itu, karena banyaknya permintaan dan untuk terus menggerakan proses produksi akan dibuatkan skema menjadi sumber Pemasukan Negara Bukan Pajak,” paparnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply