UCOII Desak Pemerintah Italia Perbanyak Pemakaman Muslim

 UCOII Desak Pemerintah Italia Perbanyak Pemakaman Muslim


HIDAYATUNA.COM, Roma – Presiden Persatuan Komunitas Islam di Italia (UCOII), Yassine Lafram desak pemerintah Italia untuk memperbanyak tempat pemakaman untuk warga muslim di negara tersebut. Hal ini menyusul banyaknya jenazah warga yang beragama Islam yang terbengkalai di tengah wabah virus corona.

“Kami mengajukan permintaan untuk membuka ruang baru bagi Muslim di pemakaman kota secara nasional,” kata Yassine Lafram sebagaimana laporan Arab News dikutip Kamis (4/6/2020).

Lafram mengatakan sebelumnya pihaknya telah beberapa kali berhasil membuka area pemakaman baru untuk mengebumikan jenazah warga muslim di negeri berjuluk negara spaghetti tersebut.

“Sejauh ini kami berhasil membuka beberapa area baru. Tetapi ketika situasinya semakin buruk, kami masih menunggu jawaban,” sambungnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, surat kabar lokal telah menerbitkan beberapa surat yang isinya permohonan umat Islam yang menyerukan agar lebih banyak ruang Islami didirikan di kuburan sesegera mungkin. Beberapa wali kota mengatakan, bahwa mereka tengah membahas masalah ini.

“Kita harus menyelesaikannya dengan benar. Memiliki penguburan yang bermartabat adalah hak asasi manusia yang fundamental yang harus dijamin untuk semua orang yang tinggal di negara ini,” kata Wali Kota ibu kota Sisilia, Palermo, Leoluca Orlando.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Masjid Agung Roma, Abdallah Redouane, mengatakan selama puncak wabah virus corona perjalanan nasional dan internasional di Italia dilarang. Sehingga, jenazah Muslim tidak dapat diangkut kembali ke tempat asal mereka.

Hal ini menyebabkan situasi dramatis di Italia. Sejumlah mayat tersisa di kamar mayat, karena tidak ada pemakaman Islam di mana jenazah itu dapat dimakamkan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply