Turki Ulurkan Bantuan Makanan untuk Muslim Sudan Selatan

 Turki Ulurkan Bantuan Makanan untuk Muslim Sudan Selatan

Turki ulurkan bantuan untuk warga Sudan Selatan (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Juba – Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) kembali mengulurkan bantuan 400 paket makanan untuk Muslim Sudan Selatan. Bantuan ini sebagai kepedulian di bulan suci Ramadan, pada Senin kemarin (25/04).

Adapun bantuan yang diserahkan yakni paket sembako berisi minyak goreng, kacang-kacangan, beras, gula pasir dan tepung jagung.

Duta Besar Turki untuk Sudan Selatan, Erdem Mutaf, mengatakan kami akan terus membantu keluarga-keluarga muslim di Sudan yang memiliki kerawanan kemiskinan dan kelaparan.

“Ini adalah minggu ketiga kegiatan donasi sembako yang telah diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat kita sejauh ini. Suatu kebahagiaan besar berada di antara kelompok rentan dan mendukung mereka,” kata Mutaf. Saat penyaluran bantuan di Juba dikutip dari Anadolu News Agency, Selasa (26/4/2022).

“Kerja sama atau dukungan kami tidak hanya sebatas Ramadan. Pada Januari lalu, kami melakukan pembagian sembako kepada korban konflik di Tambura (kabupaten) dan juga (ke) korban banjir di Jonglei (Negara Bagian Sudan Selatan). Bantuan sembako ini merupakan simbol solidaritas, cinta dan kasih sayang bangsa Turki kepada rakyat Sudan Selatan,” tambah Dubes.

Abdallah Baraj, Sekretaris Jenderal Dewan Islam, mengaku senang dengan makanan yang diterima dari TIKA.

“Kami senang dan mengapresiasi TIKA karena telah mendukung umat Islam di Sudan Selatan. Ini bukan dukungan pertama, dan mereka biasanya mendukung kami. Makanan ini akan membantu mereka yang membutuhkan makanan,” kata Baraj.

Dia menambahkan bahwa penerima manfaat antara lain adalah wanita, orang tua, dan penyandang cacat.

Cafer Besli, koordinator program TIKA, mengatakan bantuan pangan tersebut akan meringankan krisis kelaparan selama bulan suci Ramadan.

“Kami sangat senang untuk mengulurkan tangan bantuan pemerintah Turki kepada orang-orang Sudan Selatan yang membutuhkan.

Selama Ramadan ini, 2.000 paket telah didistribusikan kepada 1.800 keluarga ditambah (ke) 235 anak yatim di lima lokasi berbeda di ibu kota.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply