Turki Lumpuhkan 2 Teroris PKK di Irak Utara

 Turki Lumpuhkan 2 Teroris PKK di Irak Utara

HIDAYATUNA.COM – Operasi anti-teror Turki berhasil melumpuhkan 2 teroris PKK di Irak Utara. Hal ini secara resmi juga dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Turki melalui akun Tweeter, pada hari Minggu (22/3/20).

“Pasukan keamanan Turki menetralkan dua teroris PKK dalam operasi dengan dukungan udara di Irak Utara,” kata Pejabat Berwenang di Turki, sebagaimana dilansir oleh Anadolu Agency.

Otoritas Turki sering menggunakan istilah ’neutralizes’ atau ‘dinetralkan’ dalam kasus tindak pidana terorisme. Maksudnya adalah bahwa teroris menyerah, terbunuh, atau ditangkap oleh pihak berwajib.

Pihak Kementerian Pertahanan Nasional Turki menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan operasi kontra-terorisme tanpa penundaan.

”Operasi kontra-terorisme akan berlanjut tanpa penundaan,” dalam sebuah pernyataan resmi melalui Tweeter.

Diketahui Irak Utara menjadi markas terorisme YPG/PKK yang digunakan oleh para anggota kelompok tersebut untuk merencanakan serangan teroris lintas perbatasan terhada Turki.

PPK atau Partai Buruh Kurdistan telah lebih dari 30 tahun melakukan aksi terornya melawan Turki. Organisasi tersebut ingin memperjuangkan Kurdi sebagai negara. PKK terdaftar sebagai organisasi terorisme oleh Pemerintah Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Mereka disebut-sebut bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang termasuk wanita anak-anak dan juga balita.

Sedangkan YPG (Satuan Pelindung Rakyat) merupakan misili yang mengendalikan sebagian besar wilayah Rojava, yaitu wilayah Suriah Utara yang didominasi oleh bangsa Kurdi. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply