Turki Berhasil Lumpukan 111 Teroris Sepanjang Maret

 Turki Berhasil Lumpukan 111 Teroris Sepanjang Maret

HIDAYATUNA.COM – Operasi pasukan keamanan Turki sebagai bagian dari upaya kontra-teroris yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Turki (TAF) dan Organisasi Intelijen Nasional (MIT) sepanjang bulan Maret dinilai menuai keberhasilan.

Dikutip hidayatuna.com pada Sabtu (4/4/20), sebanyak 111 teroris dari kelompok YPG/PKK berhasil dilumpuhkan termasuk anggota senior kelompok tersebut dalam operasi kontra-terorisme yang dilakukan sepanjang Maret.

PPK atau Partai Buruh Kurdistan dan misilinya YPG telah lebih dari 30 tahun melakukan aksi terornya melawan Turki. Organisasi tersebut ingin memperjuangkan Kurdi sebagai negara. PKK terdaftar sebagai organisasi terorisme oleh Pemerintah Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Mereka disebut-sebut bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang termasuk wanita anak-anak dan juga balita.

Diberitakan Anadolu Agensy pada 9 Maret dua teroris yang telah lebih dari dua puluh tahun aktif di kelompok tersebut ditangkap oleh pasukan keamanan Turki di provinsi Van Timur, dekat perbatasan Iran.

Dua pengawal pribadi pimpinan kelompok tersebut Murat Karayilan dan Cemil Bayik mengatakan bahwa pihak mereka merasa terdesak akibat operasi pasukan keamanan Turki tersebut.

Pada hari yang sama, teroris senior dari kelompok yang sama, Halide Tari alias Ayten Amed dibekuk di wilayah Qandil, Irak Utara. Tari diketahui telah bergabung dengan kelompok tersebut semenjak 1990 dan ia bertanggung jawab atas koordinasi pasukan YPG/PKK.

Pada 10 Maret, lima anggota senior kelompok tersebut juga dinetralkan di Qandil.

Tanggal 11 Maret Siya Munzur dan Duygu Karayel menyerahkan diri ketika pasukan keamanan melakukan operasi di provinsi Mardin Tenggara.

Pada 30 Maret, pimpinan penting komite atau dewan eksekutif dari kelompok tersebut juga berhasil dilumpuhkan.

Sementara 67 orang lainnya yang tergabung dalam kelompok tersebut diketahui menyerah pada pasukan keamanan Turki. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply