Toleransi Kunci Hidup Baik dan Bahagia

 Toleransi Kunci Hidup Baik dan Bahagia

Toleransi Kunci Hidup Baik dan Bahagia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Toleransi dan konsesi merupakan salah satu ciri etika yang memiliki status khusus dalam teks-teks agama Islam. Karakteristik ini telah ditekankan oleh Nabi Suci (SAW). Beliau Saw mengatakan, “Orang yang tidak memiliki toleransi tidak akan menjalani kehidupan yang baik dan bahagia.”

Kita tidak hidup dalam masyarakat yang ideal dengan orang-orang yang sempurna. Jadi, siapa pun di tingkat mana pun dapat membuat kesalahan dan melakukan hal yang salah dalam persahabatan dan hubungan.

Masalah seperti itu tidak boleh dibiarkan berdampak negatif pada keluarga dan hubungan sosial karena setiap orang mungkin melakukan hal yang salah pada waktunya. Di sinilah prinsip menoleransi kesalahan orang lain, yang penting dalam memperkuat ikatan antar manusia.

Belajar toleransi diperlukan dalam interaksi sosial dan mengabaikannya akan menyebabkan isolasi seseorang karena hubungan yang tidak ada kesalahan sangat jarang terjadi.

Mereka yang mudah tersinggung dan tidak memiliki toleransi akan menghadapi kesulitan dalam hidup karena mereka mengabaikan realitas dunia. Mereka harus mempertimbangkan kembali perilaku mereka dan memperhatikan prinsip yang disebutkan di atas.

 

 

 

Sumber : IQNA

Redaksi

Terkait

Leave a Reply