Toko Fashion Online Berbasis China Minta Maaf Karena Menjual Sajadah

 Toko Fashion Online Berbasis China Minta Maaf Karena Menjual Sajadah

Toko Fashion Online Berbasis China Minta Maaf Karena Menjual Sajadah Sebagai Karpet

HIDAYATUNA.COM – Setelah belum lama ini, menghebohkan dunia fashion karena menjual sajadah yang merupakan perlengkapan shalat umat Muslim sebagai karpet hiasan rumah. Kini retailer fashion asal China, Shein, meminta maaf atas penjualan yang dilakukan di dalam situs mereka tersebut.

“Sebagai merek global, kami bersumpah untuk melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mendidik diri kita sendiri tentang budaya, agama, dan tradisi yang berbeda untuk memastikan komunitas kita yang beragam dihormati dan dihormati,” kata pihak Shein dalam permintaan maaf mereka, dikutip dari BBC, Selasa (7/7/20).

Insiden ini menjadi perhatian dan menuai protes dari masyarakat dan kalangan muslim saat pertama kali diunggah oleh akun Instagram yang banyak membahas seputar kontroversi dalam dunia fashion, @diet_prada.

Dalam postingan akun tersebut, menampilkan sajadah yang dijual pihak toko online asal China, Shein dengan nama ‘Greek fret carpet’ atau ‘Karpet Yunani Frilled’ dengan berbagai warna dan motif.

Seperti diketahui Ka’bah adalah sebuah bangunan di Mekah yang dianggap sebagai tempat paling suci oleh umat Islam di seluruh dunia. Gambaran Ka’bah sangat familiar disematkan dalam sajadah.

“Kami menyampaikan permintaan maaf kami yang tulus kepada semua yang telah kami sakiti dan tersinggung dan berharap kami bisa mendapatkan maaf Anda.”

Tidak hanya penamaan sajadah sebagai karpet, dalam ulasan produk sajadah tersebut pihak Shein menuliskan bahwa pelanggan menggunakan karpet tersebut untuk tujuan selain shalat seperti digunakan untuk kucing peliharaan mereka.

Kontroversi budaya dan penyalahgunaan sebuah item busana atau aksesoris dalam dunia fashion dan mode bukan pertama kalinya terjadi.

Tahun 2018, brand terkenal H&M harus meminta maaf setelah kampanye iklan menunjukkan seorang anak berkulit hitam mengenakan hoodie yang bertuliskan “monyet paling keren di hutan”.

Merek-merek fashion terkenal seperti Gucci, Dolce & Gabbana dan Commes Des Garçons juga harus meminta maaf atas beberapa kekeliruan yang dapat menyinggung sebuah golongan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply