Tips Mencegah Virus Corona Secara Mandiri ala Santri Tahfidz

 Tips Mencegah Virus Corona Secara Mandiri ala Santri Tahfidz

Berikut ini adalah tips mencegah virus corona secara mandiri ala santri tahfidz yang wajib kalian semua untuk ketahui

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Virus Corona yang menyerang China dan sejumlah negara lainnya dikabarkan telah masuk Indonesia. Dua orang di Depok, Jawa Barat telah ramai diberitakan positif terjangkit virus mematikan ini.

Mengantisipasi atau mencegah dari tertular virus ini, Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk melakukan cara-cara pencegahan yang sehat. Pemerintah juga mengeluarkan seruan pencegahan tersebut.

Pencegahan ini berlaku bagi siapapun. Nah, upaya mencegah virus Corona yang dilakukan para santri Pondok Askar Kauny ini patut ditiru oleh masyarakat. Apa yang dilakukan oleh santri-santri calon penghafal Alquran ini sejalan dengan imbauan Kementerian Kesehatan untuk menjalankan pola hidup sehat berstandar WHO. 

Manajer mahad Askar Kauny, Azza Muhammad Nisfi menyampaikan, para pengasuh di 35 Pondok Askar Kauny yang tersebar di Indonesia dan Mesir langsung merespons dengan melakukan pencegahan.

Sekitar 500 santri di seluruh Pondok Askar Kauny, lanjutnya, dibimbing prosedur pencegahan masuknya virus. Di antaranya mencuci tangan, berwudhu, membersihkan pondok dan menjaga pola makan sehat dan seimbang.

“Kita langsung turun ke mahad (pondok) untuk mengedukasi para santri agar menjalankan anjuran dari kemenkes untuk mencegah masuknya virus atau penyakit dari diri sendiri,” jelas Azza Muhammad Nisfi dikutip dari siaran persnya, Rabu (4/3/2020).

Azza menyatakan, para pengasuh dan manajemen Yayasan Askar Kauny membekali para santri usia sekolah untuk terbiasa hidup bersih dan sehat. Para santri, kata Azza, dibiasakan membersihkan kamar juga pondok secara keseluruhan. Selain itu, santri juga diwajibkan untuk mencuci tangan memakai sabun sebelum dan setelah beraktivitas. 

“Kami ajarkan cara mencuci tangan yang benar. Dan yang penting sebetulnya, kita umat muslim sudah secara otomatis punya pencegahan terhadap penyakit, yaitu dengan berwudhu minimal sehari lima kali. Dalam wudhu kita mencuci tangan sampai siku, dan Masya Allah ternyata itu adalah standar mencuci tangan yang benar secara medis untuk pencegahan penyakit,” beber Azza.

Tim Askar Kauny mengedukasi para santri di seluruh Indonesia dan Mesir agar waspada jika ada santri yang sakit. “Kita sebarkan call center puskesmas, rumah sakit dan tanggap darurat corona dari pemerintah,” papar Azza.

Dia juga meminta para santri membentengi diri dengan doa agar wabah Corona bisa segera diatasi.  (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply