Tentukan 1 Zul Hijjah, 84 Titik Disiapkan Untuk Rukyatul Hilal

 Tentukan 1 Zul Hijjah, 84 Titik Disiapkan Untuk Rukyatul Hilal

Tentukan 1 Zul Hijjah, 84 Titik Disiapkan Untuk Rukyatul Hilal

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat awal bulan Zul Hijjah dan jatuhnya hari raya Idul Adha 1441 Hijriah hari ini, Selasa (21/7/20).

“Sidang isbat penetapan awal bulan Zul Hijjah itu sekaligus menetapkan Hari Puasa Arafah, Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim, Selasa, 21 Juli 2020.

Sebagaimana yang biasanya dilakukan, akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB yakni pemaparan posisi hilal awal Zul Hijjah 1441 H. Kemudia sesi berikutnya adalah pelaporan data hisab dan sesi ketiga adalah pengumuman pengumuman hasil sidang isbat secara telekonferensi dan stasiun televise serta saluran siaran langsung resmi Kemenag.

Agus menyatakan pihaknya sudah menentukan 84 lokasi untuk menggelar rukyatul hilal atau pemantauan hilal. 84 lokasi tersebut tersebar di 34 provinsi.

Seperti di Aceh, pemantuan dilakukan antara lain di Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; Pantai Suak Geudeubang, Kabupaten Aceh Barat; Pantai Teluk Dalam; dan Tugu KM 0 Indonesia, Kota Sabang

Kemudian Sumatera Utara di Rooftop Gedung Server BMKG Wilayah 1 Sumatera Utara dan Observatorium OIF UMSU. Selanjutnya, Sumatera Barat di Gedung Kebudayaan Padang. Riau di Selat Baru Bengkalis.

Sumatera Selatan di Tower UIN Raden Fatah Palembang. Di Lampung pemantauan dilakukan di Pantai Jukung dan Krui Pesisir Barat.

Sementara di DKI Jakarta, pemantauan dilakukan di Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lantai 7; Ma’had Al Husniyah Cakung Tipar Jakarta Timur; Love Bridge, Kawasan Taman Impian Jaya Ancol; dan PP Al Hidayah BASMOL Jakarta

Sedangkan di Jawa Barat, titik pemantauan dilakukan di POB Cibeas Pelabuhan Ratu, Bosscha Lembang Bandung, Gunung Babakan, Kota Banjar; Pantai Santolo, Kabupaten Garut, hingga Pantai Pondok Bali, Kabupaten Subang.

Untuk wilayah tengah pemantauan hilal antara lain Kalimantan Barat di Gedung Badan Hisab Rukyat (BHR) Benteng Laut Sungai Kakap, Kubu Raya.

Kemudian Kalimantan Timur di Menara Asma’ul Husna Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center, Samarinda. Bali di Hotel Patra Jasa Pantai Kuta, Badung. NTB di Taman Rekreasi Loang Baloq, NTT di Rooftop Hotel Aston Kupang.

Sementara di wilayah timur pemantauan dilakukan antara lain, Maluku di Tugu Martha Kristina Tiajahahu Sirimau, Ambon. Maluku Utara di Pantai Sahu Kabupaten Halmahera Barat dan Pantai Rua, Kota Ternate

Pemantauan hilal di Papua dilakukan di Pantai Tarfia, Kecamatan Demta, Kabupaten Jayapura. Papua Bara di Pantai Masni, Manokwari.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply