Tata Cara dan Urutan Amaliyah Malam Nisfu Sya’ban

 Tata Cara dan Urutan Amaliyah Malam Nisfu Sya’ban

Berikut akan kami uraikan tata cara dan urutan melaksanakan amaliyah malam nisfu sya’ban sebagaimana yang diajarkan para ulama salafusalih

HIDAYATUNA.COM – Rabu malam kamis nanti adalah malam Nisfu Sya’ban 1441 H, malam dimana kaum muslimin dianjurkan untuk memperbanyak beristighfar dan memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Dalam hal ini ada tiga macam doa atau permintaan yang dianjurkan para ulama untuk dipanjatkan saat malam nisfu sya’ban yaitu doa agar diberikan umur panjang yang bermanfaat, memperoleh rezeki yang halal, dan wafat khusnul khotimah.

Berikut akan kami uraikan tata cara dan urutan melaksanakan amaliyah-amaliyah malam nisfu sya’ban sebagaimana yang diajarkan oleh para ulama salafus Shalih :

Pertama kita dianjurkan untuk melaksanakan salat maghrib secara berjamaah, tentu dalam kondisi darurat Covid-19 seperti saat ini maka salat maghrib berjamaah lebih utama jika dilaksanakan di rumah dan dilanjutkan dengan salat ba’diyah maghrib.

Kedua Membaca surah yasin sebanyak tiga kali dilanjutkan dengan doa malam nisfu sya’ban, yang mana pada bacaan yasin yang pertama kita niatkan agar diberikan panjang umur, yasin yang kedua kita niatkan agar diberikan kelapangan rezeki dan yasin yang ketiga agar diberikan khusnul khotimah. Urutan ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Kanzunnajah Wassuruur karya Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds (kudus, Jawa Tengah).

Bacaan niat surah yasin yang lebih rinci terdapat dalam kitab Al-Imdad fi Auraadi Ahlilwidad karya Syeikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau lebih kita kenal dengan sebuatan Abah Guru Sekumpul. Sebagai berikut : (jika dibaca berjamaah gunakan kata ganti KAMI)

  • Surah Yasin yang Pertama : “Ya Allah ya tuhanku, ampunilah segala dosaku dan dosa ibu bapakku, dosa keluargaku, dosa tetanggaku dan dosa seluruh muslimin muslimat. Panjangkanlah umurku di dalam taat beribadah kepada engkau serta kuatkanlah imanku dengan berkah surah Yasin.”
  • Surah Yasin yang Kedua : “Ya Allah, ya tuhanku. Ampunilah segala dosaku, dosa ibu bapakku, dosa keluargaku, dosa tetanggaku dan dosa seluruh muslimin muslimat, dan peliharakanlah diriku dari segala kebinasaan dan penyakit serta kabulkanlah hajatku dengan berkah surah yasin.”
  • Surah Yasin yang Ketiga : “Ya Allah ya tuhanku, ampunilah segala dosaku dan dosa seluruh muslimin muslimat serta kayakanlah hatiku dari segala mahkluk dan berilah aku, keluargaku dan tetanggaku Khusnul khatimah dengan berkah surah Yasin.”

Ketiga Membaca Doa Khusus malam Nisfu Sya’ban setiap selesai satu kali membaca surah yasin. Teks bacaan doa ini sebagaimana dalam kitab Maslakul Akyar karya Sayyid Utsman bin Yahya :

للَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Selain tiga macam amaliyah diatas tentu kita juga dianjurkan melaksanakan amaliyah lain dalam rangka memuliakan malam Nisfu Sya’ban seperti Memperbanyak Beristighfar, Memperbanyak Berdzikir La Ilaha Illallah, melakukan salat sunah nisfu sya’ban, salat tahajud dan lain-lain. Wallahu ‘Alam

Baca Juga: Mohammad Ahsan, Sosok Juara Dunia Yang Taat Beribadah

Redaksi

Terkait

Leave a Reply