Tasbih Singkat 1000 Cahaya di Hari Idul Fitri

 Tasbih Singkat 1000 Cahaya di Hari Idul Fitri

HIDAYATUNA.COM – Momentum pagi sebelum shalat Idul Fitri sering kali kita abaikan untuk berdoa dan melakukan wirid-wirid, kita lebih sibuk mempersiapkan diri untuk shalat Idul Fitri dan makan-makan yang memang merupakan sunah dari Rasulullah SAW.

Namun ternyata ada beberapa amalan singkat pada pagi hari setelah shubuh di hari raya Idul Fitri yang memiliki fadilah luar biasa, diantaranya dapat mendatangkan 1000 cahaya bagi sang pembacanya. Subhanallah

Amaliah ini bersumber dari kitab Kanzun Najah Wa Surur karya Syaikh Abdul al-Hamid bin Muhammad ‘Ali Quds. Amaliah pertama adalah sebagai berikut :

مَنْ إِسْتَغْفَرَ فِى يَوْمِ عِيْدً بَعْدَ صَلآةِ الصُّبْحِ مِائَةَ مَرَّةٍ  لاَ يَبْقَى فِي دِيْوَانِهِ شَيٌء مِنَ الذُّنُوب وَيَكُونُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَذابِ الله.

Imam Wana’i berkata dalam Risalahnya: “Siapa saja yang beristighfar 100 kali setelah shalat Subuh pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha maka dosa-dosanya akan dihapuskan oleh Allah SWT dari buku catatan amalnya dan pada hari kiamat kelak ia akan selamat dari siksa Alloh SWT “.

Dari hadis diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa agar dosa-dosa kita diampuni Allah SWT maka salah satu caranya adalah dengan manfaatkan momentum hari raya Idul Fitri untuk memperbanyak beristighfar, diantaranya dengan bilangan 100 kali.

Istighfar ini dibaca setelah shalat shubuh pada hari raya. Bacaan Istighfarnya adalah sebagai berikut :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

 Astaghfirullahal ‘Azhim Wa Atubu ilaih

Selain beristighfar ada satu amalan lagi yang dianjurkan untuk dibaca setelah subuh, amalan ini begitu agung karena akan mendatangkan 1000 cahaya kelak di dalam kubur bagi sang pembacanya.

Amalan ini berupa tasbih singkat yang juga dibaca setelah shubuh di hari Idul Fitri. Masih bersumber dari kitab Kanzun Najah Wa Surur, disebutkan :

مَنْ قاَلَ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ ثلَاَثَ مِائَةَ مَرَّةٍ وَأَحْدَاهاَ لِأَمْوَاةِ المُسْلِمِين دَخَلَ فِيْ كُلِّ قَبْرٍ أَلْفُ نُوْرٍ وَيَجْعَلُ اللَّهُ فِيْ قَبْرٍهِ إِذَا مَاتَ أَلْفَ نُوْرٍ

Artinya : “Barang siapa yang membaca tasbih ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ sebanyak 300 kali dan setelahnya dia berdoa untuk seluruh muslimin, maka akan masuk ke dalam setiap kuburan orang muslim 1000 cahaya dan nanti saat orang tersebut wafat maka Allah SWT juga akan memasukkan ke dalam kuburnya 1000 cahaya.”

Dari hadis tersebut dapat kita fahami bahwa pelaksanaan tasbih 1000 Cahaya ini adalah dengan membaca ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ (Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil ‘Adzhim) sebanyak 300 kali setelah shalat subuh di hari raya Idul Fitri dan ditutup dengan doa sebagai berikut :

“Ya Allah semoga engkau menerima tasbih yang aku baca dan semoga engkau menghadiahkan pahalanya untuk seluruh muslimin yang telah wafat.”

Itulah dua amalan singkat di hari Idul Fitri yang mempunyai fadilah sangat luar biasa, semoga kita dapat memanfaatkan momentum Idul Fitri ini untuk meningkatkan ibadah kita. Amiin

Redaksi

Terkait

Leave a Reply