Tameng Segala Penyakit Kecuali Mati

 Tameng Segala Penyakit Kecuali Mati

Berikut ini adalah tameng segala penyakit kecuali mati. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang kiranya ini penting untuk diketahui

HIDAYATUNA.COM – Saat ini masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan mulai masuknya virus corona, yang terbaru 2 orang warga depok telah positif terpapar virus tersebut. Dilain sisi kita sebagai muslim tentu pernah mendengar bahwa bersiwak mempunyai berbagai manfaat, salah satunya adalah dapat menjadi tameng segala penyakit selain kematian. Adakah sumber yang bisa membenarkan hal ini ?

Jawabannya Ada. yaitu keterangan dari Sayyid Al-Marhumi bahwa seseorang yang bersiwak disunnahkan menelan ludahnya ketika memulai mensiwaki bagian dari mulutnya (sebelum siwak digosok-gosokkan berulang kali), karena yang demikian tersebut mempunyai khasiat bisa terhindar dari penyakit lepra (belang), kusta dan segala penyakit selain kematian.

Keterangan ini terdapat dalam kitab Tuhfatul Muhtaj Fi Syarh Minhaj at-Tholibin karya Imam Syihabuddin Ibnu Hajar Al-Haitami, yang artinya sebagai berikut:

Redaksi dari karya Al-Bujairimi dari Al-Marhumi : orang yang bersikwan disunnahkan menelan ludahnya ketika pada awal bersiwakan dan setiap meletakkan siwak di mulutnya, dan sebelum menggerak-gerakkan siwaknya berulang kali. karena ada keterangan, sesunguhnya itu bisa menjadi tameng terhindar dari penyakit lepra, kusta dan segala penyakit yang selain mati. Namun orang yang bersiwak tidak disunnahkan menelan ludahnya setelah siwak digerak-gerakkan, karena yang demikian itu bisa menyebabkan penyakit was-was.”

Namun tentu kita tidak bisa hanya mengandalkan bersiwak agar sembuh dari penyakit. Tentu kita juga harus segera ke rumah sakit, mengkonsumsi obat serta mengikuti saran dari dokter. Terkait virus corona yang saat ini tengah melanda, melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di https://cdc.gov/, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan jika anda merasa sakit dan curiga dengan gejala Covid-19:

  1. Tetap tinggal di rumah
  2. Memisahkan diri dari orang lain atau hewan
  3. Mengunjungi layanan kesehatan
  4. Menggunakan Masker
  5. Menutupi Batuk dan Bersin
  6. Menghindari Penggunaan alat-alat pribadi bersama
  7. Sering mencuci tangan menggunakan sabun
  8. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh
  9. Memperhatikan gejala yang muncul

Sumber : Menjawab Problematika Fiqh Keseharian

Redaksi

Terkait

Leave a Reply