Syeikh Mustafa al-Bugha: Zikir Sedekahnya Orang Miskin

 Syeikh Mustafa al-Bugha: Zikir Sedekahnya Orang Miskin

Syeikh Mustafa al-Bugha (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama Syria, Syeikh Dr Mustafa al-Bugha mengatakan bahwa zikir kepada Allah merupakan sedekah yang paling baik bagi orang Islam. Untuk itu, memperbanyak zikir adalah hal yang baik.

Syeikh Mustafa menjelaskan jika seseorang tidak memiliki harta lebih, maka bacalah tasbih, takbir, tahmid dan tahlil.

“Karena dalam setiap lafaz terdapat pahala sedekah,” kata Syeikh Mustafa dalam kitabnya Al-Wafi: Syarah Hadis Arba’in Imam an-Nawawi. Sebagaimana dilansir dari Republika, Kamis (28/4/2022).

Ia mengutip sebuah surah di dalam Alquran. Surah Kahfi ayat 46 yang artinya, “Amalan-amalan yang kekal lagi salih adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu. Serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Dalam surah Al-Ankabut ayat 45 Allah SWT. juga berfirman. Artinya, “Yaitu pahala dan ganjaran yang paling agung,” katanya.

Rasulullah juga bersabda, “Tidak ada satu hari, satu malam dan sátu saat kecuali Allah memiliki shadaqah yang Dia berikan kepada yang Dia kehendaki dari hamba-Nya. Dan Tidak ada pemberian dari Allah kepada hamba-Nya seperti mengilham-kan kepadanya untuk mengingat-Nya.”(Diriwayatkan Ibnu Majah)

Sementara Ahmad dan At-Tirmidzi meriwayatkan; Sesungguhnya Rasulullah Saw ditanya, “Hamba mana yang paling utama pada hari kiamat?” Beliau menjawab, orang-orang yang banyak berzikir kepada Allah.”

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply