Surah yang Disarankan Untuk Dibaca Saat Shalat Id di Rumah

 Surah yang Disarankan Untuk Dibaca Saat Shalat Id di Rumah

HIDAYATUNA.COM – Umat Muslim telah melaksanakan puasa sepanjang Ramadan dan kini, bulan suci tersebut akan segera berakhir dan menyambut hari raya Idul Fitri. Namun ditengah-tengah masa pandemi Covid-19 ini masyarakat muslim di seluruh dunia mendapatkan imbauan untuk tetap berada di rumah selama Idul Fitri. Demikian halnya dengan pelaksanaan shalat Id, diimbau untuk dilaksanakan dirumah masing-masing.

Anggota komisi Fatwa Arab, Syeh Abdul Salam Abdullah Al-Sulaiman menyebut shalat Idul Fitri bisa dilakukan secara individual atau berjamaah di rumah. Ia juga membagikan pedoman pelaksanaan shalat Id di rumah, di antaranya terkait surah yang yang dapat dibacakan dalam shalat tersebut.

“Disarankan membaca Surah Al-Qaf, Al-Qamar, Surah Al-A’la atau Al-Ghashiya setelah membaca Al Fatihah,” ujar Al-Sulaiman, dikutip hidayatuna.com, Selasa (19/5/20).

Al-Sulaiman mencontohkan sahabat Nabi Muhammad, Anas Bin Malik pernah menunaikan salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga karena tidak menemukan tempat yang menyelenggarakan shalat Id di sekitar kota Basra.

Sebelumnya ulama besar Arab Saudi Syeh Abdul Aziz Al Asheikh juga menyampaikan seruannya kepada umat Muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah.

Salat Idul Fitri, kata Al Asheikh, terdiri dari dua rakaat dengan tambahan jumlah takbir.

Al Sheikh juga menyarankan agar pelaksanaan zakat fitrah disalurkan melalui lembaga yang terpercaya agar dapat disalurkan kembali kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dalam masa krisis ini. Hal tersebut sangat penting untuk membagikan kebahagiaan hari raya.

“Orang tua harus menyenangkan anak kecilnya selama masa ini agar mereka tenang,” ujar Al Asheikh, Senin, 18 Mei 2020 sebagaimana diberitakan Saudi Gazette. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply