Sudah Diputuskan, Istiqlal Tak Gelar Shalat Idul Adha Tahun Ini

 Sudah Diputuskan, Istiqlal Tak Gelar Shalat Idul Adha Tahun Ini

Sudah Diputuskan, Istiqlal Tak Gelar Shalat Idhul Adha Tahun Ini

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pemerintah melalui rapat bersama dengan sejumlah menteri dan lembaga termasuk Dewan Masjid Istiqlal, Jakarta Istiqlal telah memutuskan untuk tidak menyelenggarakan shalat Idul Adha tahun ini.

Hal tersebut sebagaiman disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konperensi pers yang dilakukan melalui aplikasi Zoom menyampaikan hasil rapat pemerintah bersama Dewan Masjid Istiqlal terkait penyelenggaraan Idul Adha.

“Dan akhirnya, pertama tentang penggunaan Masjid Istiqlal pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Iduladha,” kata Muhadjir, Kamis (9/7/20).

Keputusan tersebut diambil karena proses renovasi masjid Istiqlal yang belum selesai.

Hal tersebut juga dibenarkan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar. Menurut Nasarudin menjelaskan bahwa untuk saat ini progres renovasi terhadap masjid itu memang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan salat berjamaah untuk perayaan Idul Adha.

“Di Istiqlal belum memungkinkan, obyektifnya kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. ada yang belum selesai (misalnya) ada pintu masuknya,” kata Nazaruddin yang juga mengikuti kegiatan konferensi pers itu.

Nasarudin menambahkan, masih ada beberapa hal yang memang perlu dibereskan sementara pelaksanaan Idul Adha sudah sangat mepet.

“Karena waktu mepet sementara renovasi belum selesai masih banyak hal-hal yang belum kita sempurnakan, tadi barusan diputuskan Istiqlal belum bisa dipakai Idul Adha. Menolak bahaya lebih diutamakan dari mengejar manfaat,” kata Nasarudin.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply