Subhanallah, Muslim Ini Jadi Presiden Negara di Amerika Selatan

 Subhanallah, Muslim Ini Jadi Presiden Negara di Amerika Selatan

Subhanallah, Muslim Ini Jadi Presiden Negara di Amerika Selatan


HIDAYATUNA.COM, Guyana – Sejarah kembali mencatat kiprah para muslim di dataran Amerika. Dimana salah satu muslim di negara di Amerika Selatan, yakni Guyana berhasil terpilih menjadi presiden setelah resmi dilantik pada Ahad, 3 Agustus 2020 lalu.

Ia bernama Muhamad Irfaan Ali. Dengan terpilihnya Muhamad Irfaan Ali menjadi presiden Guyana membuat masyarakat di negara tersebut kini memiliki pemimpin dari kalangan umat Islam.

Terpilihnya Irfaan yang berlatar belakang muslim menjadi presiden di negara penghasil minyak terbesar di dunia ini ternyata membutuhkan proses yang panjang. Hal ini menyusul adanya dugaan kecurangan dalam pemilu Guyana pada 2 Maret silam. Sehingga pemilu disengketakan dan dilakukan penghitungan ulang.

Hasilnya, Irfaan ditetapkan sebagai pemenang dalam pemilu Guyana 2020. Irfaan diusung dari partai oposisi yakni Partai Rakyat Progresif. Setelah terjadi sengketa, tepatnya sebulan yang lalu, Washington mendesak Presiden David Granger yakni petahana untuk mundur dari jabatannya.

Pemilihan Presiden Guyana 2020 memang terbilang sangat ketat, di mana dua partai yang terlibat saling mengajukan klaim menang dan saling menuduh kecurangan. Namun setelah dilakukan penghitungan ulang, lagi-lagi Irfaan dinyatakan menang atas seterunya yakni David Granger.

Sebagai informasi, Irfaan adalah seorang politisi berusia 40 tahun. Ia lahir dari keluarga muslim berdarah India. Irfaan akan memimpin negara yang perekonomiannya tumbuh 14 kali lebih tinggi dari China tahun ini. Hal itu menjadikan Guyana sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia versi IMF.

Irfaan Ali lahir di Leonora, kota di salah satu pulau yang membentuk Guyana. Irfaan meraih gelar doktor dalam perencanaan kota dan menjadi anggota kongres dari 2006 sampai 2015. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan negara Guyana.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply