Spirit Ramadhan di Kairo, Nasrani dan Muslim Saling Berbagi

 Spirit Ramadhan di Kairo, Nasrani dan Muslim Saling Berbagi


HIDAYATUNA.COM, Kairo – Memasuki bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini ada pemandangan unik di masyarakat Kairo Mesir, khususnya di wilayah wilayah Shobra.

Bagaimana tidak, saat bulan puasa, umat Nasrani di kota Kairo ikut meramaikan tradisi Ramadhan, mulai dari ikut buka puasa bareng bahkan mereka menyumbang makanan.

Seorang perempuan beragama Nasrani bernama Yasmine Tadros mengatakan kebiasaannya menghormati orang berpuasa serta ikut berbuka sudah ia dapatkan dari pendahulunya secara turun temurun.

“Saya belajar itu sejak usia dini. Orang tua saya mengajari saya ini di rumah. Saya telah berbagi ritual saudara-saudara Muslim saya selama 20 tahun,” kata Yasmine Tadros kepada Arab News, dikutip pada Senin (4/5/2020).

Tidak hanya itu, kebiasaan umat Nasrani di sana setiap sore mereka juga ikut menyiapkan makanan berbuka untuk saudara saudara umat muslim yang menjalankan puasa.

“Di jalan kami di Shobra kami biasa menyiapkan berbuka puasa dan bersama-sama, Muslim dan Kristen,” sambungnya.

Bahkan lanjut dia, banyak orang-orang yang ikut bergabung untuk berbuka puasa bersama, sekalipun bukan seorang muslim.

“Kami sangat bahagia. Tahun ini, karena virus corona, keamanan membuat kita lebih berhati-hati,” ungkap Yasmine Tadros sambil mengenang puasa tahun lalu.

Kebiasaan ini, dengan sendirinya membuat umat Nasrani di Mesir bisa menjaga sikap saat memasuki bulan suci Ramadhan. Termasuk di antaranya adalah menghindari makan di depan umum saat siang hari.

“Saya tidak makan di depan orang yang berpuasa,” jelasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply