Soal Islam Fobia, Menag Minta Umat Islam Juga Harus Introspeksi

 Soal Islam Fobia, Menag Minta Umat Islam Juga Harus Introspeksi

HIDAYATUNA.COM, Tanggerang — Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan pendapatnya dalam pidatonya ketika meresmikan Institut Daarul Qur’an di Tangerang terkait Islam fobia yang marak di belahan dunia.

Ia mengatakan, bahwa permasalahan tersebut seharusnya umat Islam tidak hanya menyalahkan pihak lain, tapi juga melihat kesalahan pada kaum Muslimin itu sendiri.

Fachrul Razi awalnya bercerita soal pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal Liga Islam Dunia, Sheikh Mohammed Abdulkarim Al-Essa. Pada momen itu mereka bercerita soal Islam fobia yang terjadi di sejumlah tempat di berbagai belahan dunia akhir-akhir ini. Facrul pun mengaku sepakat dengan pandangan Al-Essa terkait Islam fobia.

“Saya kira kita sependapat. Islam fobia ini jangan semata-mata kita salahkan orang lain,” kata Facrul dalam pidatonya, dikutip dari Republika Sabtu (7/3/2020).

Menurut Fachrul Razi, dalam persoalan ini sebaiknya umat Islam di seluruh dunia melihat kesalahan diri sendiri. Barangkali, kata dia, umat Islam dunia tidak memberikan pemahaman yang baik terkait Islam kepada orang lain.

“Sehingga muncullah apa yang dikatakan bahaya Islam (Islam fobia) itu. Padahal Islam itu adalah agama yang rahmatan lil alamin, rahmat bagi alam semesta,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply