Soal Corona, Pesan Kiai Said: Jangan Sombong

 Soal Corona, Pesan Kiai Said: Jangan Sombong


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam menghadapi wabah virus Corona, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berpesan untuk jangan sekali-kali sombong atau menganggap remeh urusan ini.

Ia meminta dalam hati semua orang harus yakin bahwa ia adalah ahli ibadah. Menurut dia, orang baik, insyaallah, akan lindungi Allah SWT.

“Tapi yakini dalam hati saja dan tawakal. Jangan diomongkan, kalau dipidatokan ‘saya tidak takut corona’ itu namanya sombong,” kata Kiai Said sapaan akrab KH Said Aqil dilansir dari laman resmi NU, Ahad (26/4/2020).

Ia juga menekankan agar umat Islam, khususnya Nahdliyyin, tidak sombong. Ia meminta masyarakat muslim tawadlu, dan mengedepankan akhlak. Termasuk ketika dalam sirr (sunyi) berdoa memohon pertolongan pada Allah.

“Bentuk lain tidak sombong adalah tawasul. Sebelum berdoa kirim dulu Fatihah kepada para pendahulu, ulama-ulama kita, guru-guru kita, para pendiri jamiyah Nahdlatul Ulama sampai Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Kiai Said juga menyebut, dalam usaha Nahdliyin menghadapi wabah Covid-19, yang paling baru, adalah Shalawat li khomsatun yang begitu populer itu.

“Jangan salah, li khomsatun itu tawassul, lho,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply