Soal Isu Konspirasi Corona, Abdul Mu’ti: Lebih Baik Fokus Penanganan

 Soal Isu Konspirasi Corona, Abdul Mu’ti: Lebih Baik Fokus Penanganan


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Soal wabah virus Corona atau covid-19, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengajak semua pihak untuk fokus pada masalah penanganannya dari pada terjebak pada isu konspirasi.

“Lebih baik fokus ke penanganan jadi lebih bermanfaat,” kata Abdul Mu’ti dalam pengajian daringnya dikutip Rabu (28/4/2020).

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu berpandangan bahwa teori konspirasi sebaiknya tidak disikapi secara berlebihan. Abdul Mu’ti pun melanjutkan bahwa saat ini hal yang perlu dilakukan adalah penanganan yang serius.

Pasalnya, teori konspirasi hanya akan menghabiskan energi dan kontraproduktif. Selain itu isu konspirasi soal virus corona juga tidak akan bisa menyelesaikan persoalan wabah yang berasal dari kota Wuhan, Cina tersebut.

“Dalam perintah agama Islam yang tertuang dalam Al Quran, mengedepankan pentingnya umat untuk mencari solusi terhadap persoalan, salah satunya dengan riset, terhadap fenomena di sekitar. Riset, artinya perlu keilmuan yang cukup dalam usaha mencari solusi,” jelasnya.

Jadi terkait masalah virus corona, lanjut dia, Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan dalam memecahkan berbagai persoalan. Ilmu pengetahuan sama pentingnya dengan kajian teologis.

Komentar Mu’ti itu seiring adanya kecenderungan respons dari umat Islam terhadap virus corona yang lebih banyak disikapi dengan kerohanian daripada respons keilmuan.

“Dengan begitu, sangat mudah terjebak pada perdebatan konspirasi yang kontraproduktif dan tidak solutif,” sambungnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply