Sifat Seorang Muslim, Quraish Shihab: Saling Mengingatkan

 Sifat Seorang Muslim, Quraish Shihab: Saling Mengingatkan


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama terkemuka Indonesa sekaligus ahli tafsir Alquran, Quraish Shihab mengungkapkan dalam diri seorang muslim harus memiliki sejumlah sifat yang bisa mencerminkan diri sebagai seorang muslim yang sesungguhnya.

Quraish Shihab menjelaskan sifat yang dimaksud adalah seorang muslim harus saling mengingatkan satu sama lain dalam hal kebaikan.

Selain itu lanjut dia, sifat-sifat seorang muslim lainnya adalah mereka yang selamat dari gangguan dan lidahnya. Artinya tidak menggunakan mulutnya untuk berbicara hal hal yang tidak bermanfaat.

Sifaf muslim lainnya adalah tidak saling menganiaya satu sama lain. “Mereka pun tidak saling menganiaya dan menyerahkannya kepada musuh,” kata Quraish Shihab dalam tausiah singkatnya di siaran TV nasional dikutip, Senin(4/5/2020).

Kemudian seorang muslim dilarang saling membenci dan membelakangi. Apabila bersaing, seorang muslim harus bersaing secara baik dan meninggalkan semua model persaingan yang tidak sehat.

“Dalam jual beli, tidak mengkhianati dan membohongi serta tidak meninggalkannya tanpa pertolongan,” ujarnya.

Ada seorang bijak pernah berkata, “Kalau kita tidak dapat mendahulukan yang lain atas diri Anda, tidak juga dapat menyukainya untuknya sama dengan yang Anda sukai, maka paling tidak jika kita tak dapat memberi, maka jangan ambil haknya,” ungkap Quraish Shihab.

“Kalau tidak dapat membantu, jangan menjerumuskannya. Dan kalau enggan memuji, maka jangan mencela apalagi memakinya,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply