Siap-siap, Mahasiswa Kampus Islam Bisa KKN dari Rumah

 Siap-siap, Mahasiswa Kampus Islam Bisa KKN dari Rumah


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) terus melakukan upaya agar jalannya kegiatan akademik para mahasiswa masih tetap bisa dilaksanakan di tengah wabah virus corona, salah satunya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Saat ini, PTKI berupaya agar KKN bisa dilakukan dari rumah. Hal ini disampaikan oleh Direktur PTKI Kementerian Agama, Arskal Salim.

“Wabah covid-19 ini jangan sampai menghalangi proses KKN mahasiswa. Karenanya, kami berinisiatif melakukan modifikasi,” kata Arskal dalam keterangannya dikutip Rabu, (8/4/2020).

Ia menjelaskan modifikasi program KKN bagi mahasiwa di kampus Islam ini bisa dipakukan dari rumah. Di mana KKN, lanjut dia, dibagi menjadi dua pola.

Pertama, yaitu KKN dari Rumah (KKN-DR) dan kedua KKN Kerja Sosial (KKN-KS). Pihaknya telah mengeluarkan surat edaran tentang modifikasi KKN ini ke pimpinan PTKI dan melakukan sosialisasi.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Suwendi berujar KKN-DR dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan melakukan produktivitas keilmuan.

“Mahasiswa diminta untuk aktif membangun kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat terhadap penyakit Covid-19,” jelasnya.

Dimana mahasiswa dalam KKN-DR diminta untuk membuat konten publikasi terkait relasi agama dan kesehatan (sains) dengan tepat, moderasi beragama, pendidikan serta dakwah keagamaan Islam.

Sementara terkait produktivitas keilmuan, mahasiswa diminta menulis buku, karya tulis, opini, dan lain-lain yang disesuaikan dengan program studi masing-masing.

“Adapun KKN-KS, dilakukan dengan cara terlibat aktif dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, model KKN-KS ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari program studi rumpun kedokteran dan sains teknologi yang diseleksi secara ketat dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh masing-masing PTKI.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply