Setelah Muat Iklan Fitnah Islam, Begini Tindakan Media Ini

 Setelah Muat Iklan Fitnah Islam, Begini Tindakan Media Ini

Muat Iklan Fitnah Islam, Begini Tindakan Media Ini

HIDAYATUNA.COM – Kantor media Tennessean dan perusahaan induknya Gannett akhirnya mengambil tindakan atas pemuatan iklan delapan paragraf pada hari Minggu (21/6/20) yang mengatakan umat islam akan melakukan serangan nuklir di Nashville, Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat.

Pihak media tersebut pada hari Senin 22 Juni 2020 akhirnya mengumumkan telah memecat seorang manajer periklanan yang bertanggung jawab atas penerbitan iklan tersebut.

Menindaklanjuti terbitnya iklan yang segera menuai kontra tersebut, pihak media segera melakukan investigasi internal. Hal itu mengungkapkan setidaknya ada tiga anggota staf iklan Tennessean yang “memiliki kesempatan untuk meninjau iklan secara keseluruhan” sebelum dipublikasikan, menurut Kathy Jack-Romero, presiden penjualan lokal untuk Gannett.

Jack-Romero mengatakan bahwa kekeliruan tersebut dapat dikatakan kesalahan yang fatal.

“Tim penjualan dan desain tidak sepenuhnya membaca konteks konten iklan secara keseluruhan dan kemudian menyetujuinya,” kata Jack-Romero.

Menurutnya sebelumnya seorang eksekutif penjualan memang menandai iklan untuk ditinjau, akan tetapi manajer penjualan kemudia setuju untuk melanjutkan iklan tanpa peninjauan penuh isi kontern tersebut.

Dengan kelalaian yang telah dilakukannya, manajer yang dianggap bertanggung jawab atas kekelituan tersebut diberhentikan pada hari Senin (22/6/20).

Tennessean sebelumnya diketahui juga telah memuat iklan serupa, yang memprediksi apokaliptik tetapi tidak menyebut Islam, pada Rabu (17/6/20). Iklan digital tersebut dibeli oleh kelompok yang sama dalam kasus Minggu dihapus dari Tennessean.com Minggu.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply