Seluruh Masjid di Italia Putuskan Tutup Hingga Lebaran

 Seluruh Masjid di Italia Putuskan Tutup Hingga Lebaran


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Muslim di Italia memutuskan untuk menutup Masjid hingga lebaran idul fitri 1441 Hijriah nanti. Hal ini merupakan upaya umat muslim di negeri Piza tersebut dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Ini adalah pilihan dari masyarakat Muslim yang merasa bertanggung jawab untuk melindungi orang-orang yang paling rentan di masjid,” kata Presiden Persatuan Masyarakat Islam di Italia (UCOII), Yassine Lafram, dalam pernyataan persnya dikutip Kamis (14/5/2020).

UCOII juga mengimbau kepada seluruh pengurus masjid untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait panduan dalam menghadapi wabah virus asal Wuhan Cina tersebut.

Lafram mengaku masyarakat Muslim di Italia tidak merasakan perlindungan dari negara selama ini. Karena menurut dia, sampai detik ini pemerintah belum membuat kesepakatan dengan komunitas muslim.

“Hal ini membuat sejumlah masyarakat Muslim di berbagai daerah semakin rentan, karena tidak ada payung hukum yang jelas terkait tempat ibadah, mereka berada dalam posisi tidak tepat untuk menghadapi situasi yang sulit,” jelasnya

Atas alasan itulah lanjut Lafram, umat muslim di Italia memutuskan tidak menunggu perintah dari pemerintah meski ada imbauan untuk membuka rumah ibadah pada 18 Mei 2020.

“Kami akan tetap melanjutkan kebijakan yang diambil sejak awal secara bertanggung jawab,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply