Sambut Bulan Ramadhan, Muslim Kanada Perluas Masjid

 Sambut Bulan Ramadhan, Muslim Kanada Perluas Masjid

Saudi renovasi Masjid Quba (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Komunitas Muslim di Provinsi Prince Edward Island (PEI), Kanada tengah berupaya memperluas Masjid Charlottetown . Hal itu dilakukan sebelum bulan suci Ramadhan tiba. Masjid tersebut diperkirakan akan dibuka kembali pada 2 April mendatang.

Setelah pelonggaran pembatasan COVID-19, yang sedang diupayakan menambah ruangan untuk salat dan memungkinkan beberapa ruang kelas di ruang bawah tanah.

“Sekarang akan ada lebih banyak orang yang dapat bergabung dengan jemaah. Terutama pada hari Jumat,” kata Najam Chishti, Presiden Masyarakat Muslim PEI kepada CBC News, dikutip Jumat (18/03/2022).

Chisti salah satu komunitas muslim tersebut mengatakan perluasan juga akan memungkinkan kelas dan acara diadakan di masjid tepatnya di ruang bawah tanah, tidak lagi menyewa tempat.

“Sekarang akan ada lebih banyak program untuk anak-anak,” katanya.

“Mudah-mudahan semakin banyak program untuk ibu-ibu yang bisa datang dan berolahraga di balai masyarakat lantai bawah,” tambahnya.

Secara keseluruhan, PEI memiliki sekitar 500 penduduk Muslim, yang sebagian besar tinggal di Charlottetown.

Sebelum memiliki masjid sendiri, mereka akan beribadah di mana pun mereka dapat menemukan ruang. Dari masjid bawah tanah hingga gimnasium hingga ruang kelas universitas.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Tahun ini, itu akan berlangsung dari 2 April hingga 2 Mei di Amerika Utara.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply