Salat Mendahului Imam, Bolehkah?

 Salat Mendahului Imam, Bolehkah?

Takbir 5 kali dan 7 kali saat salat Id  (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Bolehkah makmum mendahului imam saat salat? Inilah salah satu kesalahan yang terkadang terjadi saat melaksanakan salat.

Menurut Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, dalam bukunya tidak diperbolehkan mendahului gerakan imam, mengingat imam dijadikan untuk diikuti. Maka, hendaknya makmum tidak melakukan ruku’, kecuali setelah imam melakukannya.

Selain itu, yang termasuk kesalahan ialah ketika makmum terlambat dari imam. Misalnya imam sudah bangkit dari ruku’ sedang makmum masih ruku’, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang benar ialah makmum tidak boleh terlambat dari imamnya dalam semua gerakan salat. Apabila imam telah bangkit dari ruku’, maka setelahnya makmum segera bangkit dari ruku’.

Lalu kesalahan membaca ayat-ayat Alquran sewaktu ruku’ atau sujud. Sementara yang benar, hendaknya membaca ayat-ayat Alquran itu sewaktu berdiri.

Adapun pada waktu ruku, hendaknya dia mengagungkan Allah SWT., sedang pada waktu sujud hendaknya memperbanyak doa.

Untuk itu, dalam salat berjemaah, makmum tidak boleh mendahului imam dan harus bersabar. Dengan demikian tidak terjadi kesalahan dalam salat dan potensi sahnya salat lebih besar. Wallahu’alam.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply