Ringankan Orangtua Siswa, Kemenag Beri Bansos Kuota Internet

 Ringankan Orangtua Siswa, Kemenag Beri Bansos Kuota Internet

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam rangka untuk meringankan beban orangtua siswa di tengah pandemi, Kementerian Agama (Kemenag) keluarkan Bansos (bantuan sosial). Bantuan itu berupa kuota internet gratis kepada para pelajar.

“Program ini dimaksudkan untuk meringankan beban para orangtua siswa di saat program belajar di rumah ini,”

kata Direktur KSKK Madrasah Kemenag, Ahmad Umar, dalam keterangan tertulis, yang diterima Hidayatuna.com, Sabtu (16/5/2020).

Ia mengatakan selama ini banyak kendala orangtua siswa yang mengaku mengalami penurunan penghasilan, bahkan ada yang dirumahkan dari tempatnya bekerja akibat melemahnya perekonomian.

Sehingga kesulitan untuk membeli paket internet untuk menunjang belajar anaknya.

Selain kepada para pelajar, Ahmad Umar juga menyebutkan bahwa bansos berupa kuota internet ini juga diberikan kepada para tenaga pengajar dan karyawan di lingkungan Kemenag.

“Pemberian paket kuota internet gratis ini juga agar dana anggaran belanja sembako dari orang tua terdampak Covid-19 tidak tersedot untuk membeli kuota internet,” jelasnya.

Untuk itu, pemberian kuota internet gratis ini dikemas dalam program Bantuan Kuota Terjangkau.

Program ini disosialisasikan melalui surat edaran Ditjen pendidikan Islam nomor B-894/DJ.I/Dt.I.I/PP.05/05/2020.

Nomer surat yang ditandatangani Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar, tertanggal 13 Mei 2020.

Karena sifatnya merupakan bagian dari mitigasi bencana, maka jangka waktunya terbatas. Jangka waktu bantuan paket work from home (WFH) ini.

Hanya berlaku selama masa Darurat Bencana Pandemi Covid-19, yang untuk tahap ini hanya sampai dengan 30 Juni 2020 dan tidak berlaku perpanjangan paket dan tidak berlaku auto renewal.

Untuk menghelat program ini, Kemenag menjalin kerja sama dengan 3 operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Oooredo.

Operator tersebut guna memberikan jangkauan yang luas hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply