Ramadan Begitu Cepat Berlalu

 Ramadan Begitu Cepat Berlalu

Ramadan begitu cepat berlalu (Ilustrasi/Hidaytauna)

HIDAYATUNA.COM – Rasa-rasanya baru beberapa hari yang lalu menunggu hasil sidang isbat penetapan Ramadan. Tiga malam yang lalu pun sudah menunggu lagi munculnya hilal pertanda hari raya untuk mengakhiri puasa.

Inikah pertanda memasuki fase sabda Nabi?

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻻ ﺗﻘﻮﻡ اﻟﺴﺎﻋﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﺘﻘﺎﺭﺏ اﻟﺰﻣﺎﻥ، ﻓﺘﻜﻮﻥ اﻟﺴﻨﺔ ﻛﺎﻟﺸﻬﺮ، ﻭاﻟﺸﻬﺮ ﻛﺎﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻭﺗﻜﻮﻥ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻛﺎﻟﻴﻮﻡ، ﻭﻳﻜﻮﻥ اﻟﻴﻮﻡ ﻛﺎﻟﺴﺎﻋﺔ، ﻭﺗﻜﻮﻥ اﻟﺴﺎﻋﺔ ﻛﺎﻟﻀﺮﻣﺔ ﺑﺎﻟﻨﺎﺭ»

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga perjalanan waktu terasa singkat. Setahun seperti sebulan. Sebulan seperti sepekan. Sepekan seperti sehari. Sehari seperti satu jam, dan satu jam seperti kayu yang dibakar api.” (HR Tirmidzi)

Awalnya, Ramadan adalah bulan penuh ampunan, siang dan malamnya. Namun ia juga membawa petaka jika tidak mendapatkan apa-apa dan Nabi turut mengamini doa malaikat Jibril berikut ini:

اللهم إنَّكَ عَفُوٌّ كَريْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنَّا

 Ya Allah. Engkau adalah maha pemberi ampunan juga maha mulia. Engkau senang untuk memberi ampunan. Maka ampunilah kami.

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah sehatkan aku saat Ramadan. Sucikan Ramadan untukku. Jadikan amalku di bulan Ramadan sebagai amal yang Engkau terima.”

Ma'ruf Khozin

Terkait

Leave a Reply