Rais NU Pekalongan: Ziarah Agar Generasi Muda NU Tidak ‘Kepaten Obor’

 Rais NU Pekalongan: Ziarah Agar Generasi Muda NU Tidak ‘Kepaten Obor’

Pada kesempatan di hadapan generasi muda NU, Rais NU Pekalongan mengatakan bahwa ziarahlah agar generasi muda NU tidak ‘kepaten obor’

HIDAYATUNA.COM, Pekalongan – Rais Syuriyah Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, Jawa Tengah Zakaria Ansor berziarah ke makam Habib Hasyim Kakek dari Habib Luthfi bin Yahya, Kamis sore (12/3/20). Kegiatan berziarah ke makam para muassis dan pengurus NU ini selalu diagendakannya saat peringatan Harlah NU oleh PCNU Kota Pekalongan.

Menurutnya berziarah ke makam para tokoh pendahulu itu penting dilakukan. Selain untuk berkirim doa, juga untuk mengingat jasa dan perjuangan yang dilakukan bagi kemajuan NU agar kemudian diteruskan dimasa kini dan mendatang dengan baik. Oleh karena itu generasi penerus NU wajib mengingat dan mengetahui dengan baik sejarah dan kiprahnya agar tidak kehilangan jejak sejarah.

“Salah satunya dengan berziarah ini agar generasi muda NU tidak ‘kepaten obor’,” ucapnya.

Selain makam Habib Hasyim ziarah juga dilakukan di makam tokoh lainnya yakni Sayyid Ahmad, Sayyid Alwi Baafaqih, Sayyid Hasyim Bin Yahya serta KH Muzajjad, KH Qusyairi, KH Ridhwan, KH Nahrowi, KH Seilan, KH Akrom Hasani, KH Mustofa Bakri dan lainnya meskipun dalam pelaksanaannya beberapa ziarah harus dijamak menjadi satu dalam beberapa tempat karena keterbatasan waktu pelaksanaan.

Dijelaskan Muhtarom, Ketua PCNU Kota Pekalongan karena keterbatasan waktu pula kegiatan ziarah tersebut hanya dilakukan ke makam-makam para sesepuh NU di struktural.

“Kita maunya para sesepuh NU bisa kita ziarahi semuanya di Kota Pekalongan. Akan tetapi karena keterbatasan waktu, maka hanya ada beberapa titik yang bisa diziarahi,” jelas Muhtarom. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply