Radio BBC di Inggris Siarkan Ceramah Islam Efek Corona

 Radio BBC di Inggris Siarkan Ceramah Islam Efek Corona


HIDAYATUNA.COM, Leicester – Sebuah radio BBC di Leicester, Inggris secara khusus menyiarkan ceramah Islam bagi pendengarnya yang beragama Islam. Siaran dilakukan pukul 05.50 waktu setempat.

Langkah ini dilakukan Radio BBC untuk memanjakan pendengar muslim yang tidak bisa melakukan ibadah di masjid akibat penutupan sejumlah tempat ibadah di Inggris karena dampak wabah virus Corona.

Sehingga selama wabah Corona belum reda, warga muslim di Inggris akan tetap menerima layanan keagamaan. Salah satunya mendengarkan program pengajian yang disiarkan lewat radio.

Program dakwah syiar Islam ini rencananya dilakukan sampai menunggu hingga wabah virus Corona berakhir. Dilansir dari Leicester Mercury, Inggris, sebagaimana dikutip Republika, untuk program ceramah Islam diberikan jadwal khusus setiap hari Jumat pagi.

Kepala BBC Local Radio, Chris Burns mengatakan program tersebut sengaja dikeluarkan untuk membantu para muslim di Inggris tetap merasakan bentuk kebersamaan, di tengah situasi kegiatan isolasi diri.

“Radio lokal adalah tentang menghubungkan komunitas dan kami berharap refleksi mingguan ini akan membantu Muslim merasakan rasa kebersamaan saat mereka mengisolasi diri,” kata Chris Burns dikutip Jumat (3/4/2020).

Nantinya, imam yang akan memimpin siaran berbeda-beda. Ia akan membaca sebuah ayat dari Alquran atau hadits Nabi. Kemudian menerjemahkannya dan berbicara tentang relevansinya dengan peristiwa di masa kini diikuti dengan doa selama satu menit. Seorang imam senior di Leeds, Qari Asim MBE menjadi penyiar pertama memimpin layanan mingguan.

Sebagai informasi, sesuai dengan panduan Pemerintah Inggris, lembaga-lembaga keagamaan disana sekarang telah ditutup untuk umum, termasuk banyak masjid di seluruh kota. Perubahan itu telah memengaruhi rutinitas harian banyak Muslim yang menghadiri masjid secara teratur untuk beribadah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply