Quraish Shihab Sebut Islam Itu Selaras dengan Kehidupan

 Quraish Shihab Sebut Islam Itu Selaras dengan Kehidupan

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Cendikiawan muslim sekaligus pakar tafsir al-Qur’an, Quraish Shihab mengatakan bahwa agama Islam itu selaras dengan kehidupan yang tengah dijalani. Hal ini ia sampaikan saat menanggapi soal aturan melaksanakan ibadah di tengah pandemi virus corona.

Ayah dari presenter Najwa Shihab itu menjelaskan bahwa Islam tidak pernah memaksa umatnya untuk melaksanakan ibadah di tengah wabah. “Agama Islam itu berusaha menyesuaikan dengan ketentuan yang ada. Kalaupun kita harus paham persoalan ketentuan tersebut. Kita harus mengikuti siapa yang memimpin kita,” kata Quraish Shihab dikutip Sabtu (16/5/2020).

Menurut dia, ada hal-hal yang tadinya ditetapkan agama dan itu bisa di veto dalam keadaan darurat dari ketetapan agama. Tata caranya bisa berubah akibat adanya kondisi yang mengubah.

“Jangankan disaat ada wabah, saat ada perang pun Nabi juga mengajarkan kepada kita untuk tidak kaku dalam beribadah,” jelasnya.

Untuk itu Quraish Shihab menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang tidak kaku dan selaras dengan keadaan yang ada. Namun baginya apabila masih ada segelintir orang yang memaksakan untuk melakukan ibadah di luar dan membahayakan diri dan keluarganya, tentunya orang itu menurutnya menggunakan pendekatan emosi agama.

“Pada masa Nabi di saat perang Nabi pun mengajarkan bagaimana salat dengan keadaan berperang. Agama ini tidak kaku, bisa disesuaikan dengan cara apapun,” katanya.

Jadi ia menduga mereka yang masih menganjurkan untuk beribadah ke masjid di tengah wabah itu emosi agamanya tinggi. Menurut Quraish Shihab hal itu nanti akan memiliki risiko yang sangat besar terhadap penyebaran wabah.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply