Politikus Aljazair Minta Para Muslim Tunda Puasa Tahun Ini

 Politikus Aljazair Minta Para Muslim Tunda Puasa Tahun Ini


HIDAYATUNA.COM, Aljazair – Seorang politikus di Aljazair yang juga pendiri Partai Pembaruan, Nuruddin Bukruh, meminta kepada para muslim untuk menunda ibadah puasanya pada tahun ini. Ia mengklaim puasa hanya akan membuat tubuh menjadi lemah, sehingga rentan untuk tertular virus corona.

“Warga muslim harus menunda puasanya karena tubuh yang lapar akan membuat rentan dan bisa mudah tertular dan menyebarkan virus corona. Kalau tetap berpuasa maka ada risiko akan terjadi wabah yang lebih luas,” kata Nuruddin Bukruh dilansir dari Merdeka dari laman Alaraby, pada hari Jumat (17/4/2020).

Pernyataan ini ia disampaikan melalui media sosial. Nuruddin Bukruh menulis di beranda Facebooknya menyebut alasan penundaan puasa ini berdasarkan pertimbangan akal sehat.

“Mayoritas muslim punya ikatan spiritual kepada Islam dan hanya memahaminya karena alasan tradisi, keluarga, dan warisan. Mereka adalah muslim KTP yang hanya mengikuti kebiasaan dan bukan atas pilihan sadar memilih Islam sebagai agama,” ujar politikus Aljazair itu.

“Tapi selain muslim yang semacam itu, ada juga yang orang yang memilih Islam lewat intelektual dan alasan rasional, mereka melihat sesuatu dan berpikir dengan sudut pandang berbeda.”

Nuruddin Bukruh menilai Islam adalah agama yang menjunjung tinggi akal dan menolak sifat fanatik buta. Untuk itu ia menyarankan warga muslim untuk evaluasi apakah puasa di tengah pandemi corona sudah dibenarkan atau tidak.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply