PLO Anggap Pembangunan Jalan E1 Langkah Awal Aneksasi Israel

 PLO Anggap Pembangunan Jalan E1  Langkah Awal Aneksasi Israel

Terkait masalah pembangunan jalan E1, PLO anggap soal pembangunan jalan E1 merupakan salah satu langkah awal aneksasi Israel

HIDAYATUNA.COM, Ramallah – Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat menganggapnya rencana pembangunan jalan E1 oleh Pendudukan Isreael merupakan rencana awal pelaksanaan rencana aneksasi dan apartheid terhadap bangsa Palestina.

“Itu selalu dimulai dengan jalan. Ada banyak jalan di Tepi Barat Palestina yang tidak dapat digunakan,” kata Saeb dalam pernyataannya di Ramallah, dikutip dari WAFA Jumat (13/3/2020).

Ia mengatakan, rencana jalan baru Israel di pintu gerbang timur adalah untuk menduduki Yerusalem dan memajukan rencana pendudukan Israel di wilayah Blok Ma’aleh Adumim (Zona E1), perluasan lebih lanjut dari permukiman zona itu menuju pemutusan kedekatan teritorial Negara Palestina.

Kata Saeb, yang dimaksudkan untuk memisahkan pengendara Palestina dan Israel ketika Israel akan membangun ribuan unit rumah di kompleks permukiman E1 yang sangat kontroversial dan banyak dikecam di timur Yerusalem yang diduduki.

Menteri Pertahanan Isreael Naftali Bennett mengumumkan bahwa telah menyetujui proyek tersebut. Jalan yang akan menghubungkan desa Azzim, dekat Ma’aleh Adumim dengan desa Anata, Hizma dan Al-Ram, telah disebut “jalan kedaulatan” oleh Bennett.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply