Pesantren Diminta Beroperasi Lagi di Era New Normal

 Pesantren Diminta Beroperasi Lagi di Era New Normal


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di era kenormalan baru atau new normal, seluruh pondok pesantren di seluruh Indonesia diminta untuk kembali beroperasi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud.

Menurut Kiai Marsudi membuka kembali pondok pesantren merupakan sebuah keharusan. Sekalipun demikian, setiap pondok pesantren harus tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah kemungkinan penularan wabah virus corona.

“Ya pasti, harus (beroperasi lagi). Mereka (santri) juga belajar seperti orang lain belajar. Mereka tidak hanya belajar ngaji saja, tetapi juga ilmu-ilmu yang lain, mengikuti pendidikan umum juga,” kata KH Marsudi Syuhud dikutip dari Republika, Jumat (29/5/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa, otoritas kesehatan yang berada di sekitaran pondok pesantren harus dilibatkan dan diberdayakan. Semisal pihak Puskesmas atau dokter ikut turun membantu memastikan kesehatan para santri sebelum masuk pondok.

“Jadi siapa yang masuk sekolah itu dicek kesehatan dulu,” sambungnya.

Protokol kesehatan bagi para santri, kata Kiai Marsudi, harus dipersiapkan secara matang oleh pemerintah. Sebab jika ini tidak dilakukan, maka bisa dibayangkan terjadi penularan virus corona di area pesantren yang dihuni ribuan santri.

“Itu akan jadi seperti apa. Intinya, menjaga jiwa harus diutamakan,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply