Peristiwa Besar di Hari Jumat, Nabi Adam Diciptakan

 Peristiwa Besar di Hari Jumat, Nabi Adam Diciptakan

Peristiwa Besar di Hari Jumat, Nabi Adam Diciptakan

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam Islam, hari Jumat memiliki kedudukan yang sangat istimewa. Bahkan hari Jumat disebut sebagai sebaik-baiknya hari. Tapi tahukan Anda, ternyata ada beberapa peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada hari Jumat. Salah satunya adalah hari dimana Nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT.

Melansir dari buku berjudul Rahasia & Keutamaan Hari Jumat, karya Komarudin Ibnu Mikam menjelaskan bahwa hari Jumat memiliki keistimewaan karena menjadi titik awal kehidupan manusia dimulai.

Yakni dengan diciptakannya Nabi Adam as oleh Allah SWT. “Kali pertama Nabi Adam, Bapak pertama manusia diciptakan. Awal sebuah kehidupan. Bukan sebuah kebetulan Allah SWT memilih Jumat sebagai hari Adam diciptakan,” ungkap Komarudin halaman 10, dikutip Hidayatuna.com, Jumat (14/l8/2020).

Dalam konteks penciptaan manusia, lanjut dia, ada perjanjian antara manusia sebagai makhluk-Nya dengan Allah SWT, Sang Pencipta. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah al-A’raaf: 172. Allah SWT berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Rabb-mu mengeluarkan keturunan ana-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman). ‘Bukankah AKu ini Rabbmu?’ Mereka menjawab, ‘Benar (Engkau Rabb kami). Kami menjadi saksi. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: ‘Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah oranf-orang yang lengah terhadap itu (keesaan Allah)’.” (QS al-A’raaf: 172).

Untuk itulah, mengapa hari Jumat adalah hari yang sangat mulia. Selain itu, kata Jumat berasal dari bahasa Arab “Jum’ah” yang berarti berkumpul.

Sebuah hari dimana semua muslim diselutuh dunia berkumpul menjalankan ibadah shalat Jumat. Semua aktifitas dihentikan sejenak dan bermunajat kepada Allah SWT. Sesungguhnya akhirat itu lebih baik lagi kekal. Sebagaimana firman Allah SWT.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply