Peringatan Tokoh Pejuang Anti-Apartheid Dihelat di Kota Gaza

 Peringatan Tokoh Pejuang Anti-Apartheid Dihelat di Kota Gaza

Peringatan Tokoh Pejuang Anti-Apartheid Dihelat di Kota Gaza (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Gaza – Sebuah upacara diselenggarakan di Jalur Gaza pada Senin (21/03) untuk memperingati ikon anti-apartheid Afrika Selatan dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Desmond Tutu.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Hubungan Internasional yakni sebuah LSM yang berbasis di Gaza. Upacara dihadiri sejumlah tokoh Palestina dan Afrika Selatan. Termasuk Duta Besar Afrika Selatan, Shaun Edward Byneveldt.

Dalam acara tersebut Byneveldt menyampaikan Afrika Selatan akan terus mendukung orang-orang tertindas yang hidup di bawah pendudukan. Hal itu disampaikan melalui video virtual.

“Tutu adalah pemimpin spiritual yang berdiri melawan penindasan dan yang mengkampanyekan keadilan, kesetaraan dan kemanusiaan,” kata Byneveldt dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (22/03/2022).

Sementara itu, Bassem Naim, Ketua Dewan Hubungan Internasional, menyampaikan kesan terhadap Tutu. Ia mengatakan Tutu adalah tokoh pertama yang menuduh Israel menjalankan kebijakan apartheid terhadap Palestina tahun 2002 silam.

Walikota Kota Gaza, Yahya El-Sarraj juga mengatakan bahwa Tutu telah memberikan nama pada kota ini yaitu Gaza.

“Gaza dinamai Tutu sebagai pengakuan atas dukungannya kepada rakyat Palestina,” jelasnya.

Sebagai informasi, Tutu meninggal di usia 90 tahun. Tepatnya pada 26 Desember 2021. Ia meninggalkan warisan perjuangan anti-apartheid dan perjuangan untuk perdamaian.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply