Perayaan Idul Adha di Croke Park, Tanda Islam Diakui di Irlandia

 Perayaan Idul Adha di Croke Park, Tanda Islam Diakui di Irlandia

Perayaan Idul Adha di Croke Park, Tanda Islam Diakui di Irlandia

HIDAYATUNA.COM – Sebanyak dua ratus Muslim menghadiri perayaan salah satu hari besar bersejarah di lapangan Croke Park pada hari Jumat (31/7/20) untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Stadion Croke Park yang merupakan stadion GAA di Dublin, Irlandia yang telah menyelenggarakan atau menjadi tuan rumah beberapa festival keagamaan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi pada momen perayaan Idul Adha 2020 ini menjadi pertama kalinya sebuah ritual peribadatan umat Muslim diadakan di sana.

Acara perayaan Idul Adha ini diketahui juga dihadiri oleh Uskup Agung Diarmuid Martin dan para pemimpin agama lainnya, bersama dengan Menteri Anak-Anak, Disabilitas, Kesetaraan, dan Integrasi Roderic O’Gorman.

Peraturan jarak sosial terkait dengan Covid-19 di Irlandia membuat umat Muslim tidak dapat mengadakan pertemuan besar di sebuah masjid. Sehingga Dewan Ulama Irlandia, Syaikh Umar al-Qadri meminta bantuan manajemen Croke Park.

Dia mengatakan dia mendapatkan ide itu setelah melihat Ikea di Jerman yang memperbolehkan umat Islam untuk menggunakan salah satu tempat parkir mobil mereka.

“Saya pikir Irlandia bisa lebih baik sehingga saya mendekati Croke Park, tempat paling simbolis, Irlandia, ” kata al-Qadri dilansir dari Irish Times, Sabtu (1/8/20).

“Mereka tidak ragu-ragu.”

Syaikh Al-Qadri dalam khutbahnya meminta berkah bagi tenaga kesehatan, agar Allah SWT memberi kekuatan kepada orang-orang untuk mengikuti peraturan kesehatan dan juga agar pemerintah diberikan kekuatan dalam kepemimpinannya selama pandemi.

Presiden Michael D Higgins, yang tidak dapat hadir dalam kesempatan tersebut juga mengirimkan doa terbaiknya.

“Perayaan di tempat Irlandia yang ikonik seperti liburan penting dalam kalender Islam ini adalah momen penting dalam narasi Irlandia,” kata Presiden Michael D Higgins dalam sebuah pernyataan, dikutip hidayatuna.com, Minggu (2/8/20)

Presiden Irlandia itu juga berterima kasih kepada umat Muslim atas “kontribusi besar mereka untuk masyarakat bersama”.

Sementara itu perwakilan Uskup Agung Martin mengatakan:

“Hari ini menandai babak baru dalam sejarah Croke Park. Hari ini yang kita rayakan adalah gerakan untuk mengakui secara membuka tempat umat Muslim sebagai bagian integral dari keluarga Irlandia dan untuk mengakui kontribusi umat Muslim bagi Irlandia hari ini dan Irlandia esok.”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply