Peran Para Tokoh Muhammadiyah di Masa Kemerdekaan

 Peran Para Tokoh Muhammadiyah di Masa Kemerdekaan

Muhammadiyah (ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan Muhammadiyah banyak berperan pada masa awal Republik Indonesia.

“Salah satu yang penting adalah menyebarkan kader-kader masuk dalam berbagai posisi penting pemerintahan dan masyarakat. Cukup panjang daftar tokoh Muhammadiyah yang aktif di parlemen,” kata Mahfud dalam Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah bertajuk ‘Menjaga Kedaulatan NKRI’ dikutip Jum’at (22/4/2022).

Ia menyebutkan ada beberapa tokoh yang berperan sentral dalam awal masa-masa menuju kemerdekaan.

Selain itu, usaha Muhammadiyah membangun kesadaran merdeka bagi bangsa tergambar di lirik Mars Muhammadiyah, Sang Surya.

“Artinya, matahari terbit, matahari kemerdekaan harus kita bangunkan,” kata Mahfud

Ia mengingatkan, Republik Indonesia saat ini sudah masuk kepada abad baru dan kita harus segera merdeka. “Sebab, menurut agama kalau umat tidak mempunyai negara yang merdeka, maka tidak bisa disebut sebagai hamba Allah yang baik,” ungkapnya.

“Jadi, mulai dari ide sampai mendirikan negara Indonesia merdeka, Muhammadiyah sudah ikut aktif membangun kesadaran masyarakat untuk membangun negara ini,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply