Pakar Terorisme Global: di Masa Pandemi, ISIS Bergerak di Bawah Tanah

 Pakar Terorisme Global: di Masa Pandemi, ISIS Bergerak di Bawah Tanah

HIDAYATUNA.COM – Pakar Kejahatan Terorganisir dan Kontra-terorisme Global di ¬_ Global Risk International_ David Otto mengatakan bahwa pada masa pandemi Covid-19 kelompok terorisme ISIS melakukan pergerakannya di bawah tanah.

“Sebagian besar kelompok teror sekarang sudah di bawah tanah,” kata Otto dikutip dari Daily News, Minggu (19/4/20).

Sebelumnya beredar kabar bahwa pemimpin ISIS meminta para jihadisnya akan menghindar dari negara-negara pandemi Covid-19 selama virus tersebut masih mewabah. ISIS bahkan sempat mengklaim bahwa wabah tersebut dikirimkan pada “orang-orang yang tidak beriman”.

ISIS juga mendesak para jihadisnya untuk terus mencuci tangan dan memperingatkan mereka agar tetap berada di luar Eropa.

Seorang ahli terorisme mengklaim pimpinan ISIS Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi sekarang mungkin mengasingkan diri untuk melindungi dirinya dari Covid-19.

Otto menambahkan: “Serangan teroris hanya signifikan jika ada target – dengan tindakan penguncian total atau parsial Covid-19, tidak ada target yang terlihat untuk ISIS dan ada peningkatan jumlah orang dan keamanan karena semakin banyak orang tinggal di dalam ruangan dan lebih banyak keamanan membersihkan jalan-jalan.”

Rencana serangan ISIS saat ini akan terganggu karena rencana ini tidak mempertimbangkan dampak virus Covid-19.

Ia juga memperkirakan bahwa para pemimpin teroris saat ini menjaga jarak sosial dengan siapa pun di luar lingkaran dekat mereka – mereka akan memaksakan isolasi diri mereka yang melindungi mereka dan kunjungan eksternal akan sangat terbatas.

“Daerah terpencil dan tempat persembunyian akan menjadi tempat perlindungan yang sempurna bagi pemimpin ISIS,” lanjutnya.

Dia percaya para pemimpin teror akan menerapkan langkah-langkah yang sangat ketat di antara para pejuang mereka untuk memastikan mereka tidak terinfeksi. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply