Pemerintah dan Komunitas Muslim di Italia Tandatangani Kesepakatan

 Pemerintah dan Komunitas Muslim di Italia Tandatangani Kesepakatan


HIDAYATUNA.COM, Roma – Baru baru ini pemerintah dan komunitas muslim di Italia menandatangani sebuah kesepakatan antar keduanya. Penandatangan ini diwakili oleh Kementerian Kehakiman Italia dengan Persatuan Komunitas dan Organisasi Islam (Unione delle Comunità e Organizzazioni Islamiche/UCOII).

Dalam pernyataannya, Kementerian Kehakiman Italia mengatakan penandatanganan ini merupakan menerapkan prinsip kebebasan beragama untuk semua warga negara yang ditetapkan dalam Konstitusi Republik Italia.

“Yang menjamin hak tahanan untuk mengakui agama mereka juga saat mereka berada dalam tahanan,” demikian sebuah pernyataan dari Kementerian Kehakiman Italia seperti dilansir dari Mina News, Ahad (7/6/2020).

Ia menambahkan, langkah ini juga untuk mempertimbangkan meningkatnya multietnisitas populasi di Italia. “Muletnisitas populasi penjara Italia, adalah penting untuk memungkinkan setiap agama dianut dengan cara yang benar,” sambungnya.

Memorandum yang ditandatangani Ketua Departemen Administrasi Lembaga Pemasyarakatan, Hakim Bernardo Petralia dan Presiden UCOII Yassine Lafram ini memungkinkan para imam untuk menawarkan bantuan spiritual kepada tahanan Muslim yang ditahan di penjara Italia.

Sebagai informasi, nota kesepahaman tersebut menyusul perjanjian yang ditandatangani bulan lalu antara Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan perwakilan komunitas Islam di Italia tentang pembukaan kembali masjid dan ruang shalat sebagai bagian dari respons ‘Fase 2’ negara itu terhadap penyakit COVID-19.

Perjanjian tersebut dianggap oleh perwakilan Muslim sebagai langkah menuju pengakuan resmi Islam sebagai agama di Italia. Itulah mengapa sebagian umat musim Italia menganggap ada hikmah dibalik virus Corona. Yakni ketika Islam mulai dipedulikan oleh pemerintah setempat.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply