Pandemi Corona Bawa Hikmah Tersendiri Bagi Muslim Italia

 Pandemi Corona Bawa Hikmah Tersendiri Bagi Muslim Italia

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pandemi virus Corona yang melanda dunia termasuk Italia telah membawa hikmah tersendiri bagi para umat Islam di negara tersebut. Bagaimana tidak, organisasi muslim di Italia dilibatkan untuk menandatangani perjanjian penting dengan pemerintah setempat.

Dimana sebagai bagian dari pelonggaran lockdown, keberadaan masjid dan pusat Islam bakal dibuka lagi.

Dilansir dari Arabnews, Selasa (19/5/2020), perjanjian tersebut disebut sebagai tindakan resmi pertama yang ditandatangani oleh pemerintah Italia dengan perwakilan Muslim di negara itu. Karenanya perjanjian kali ini dinilai sebagai tonggak menuju pengakuan hukum penuh dan pengakuan oleh negara.

Presiden Komunitas Agama Islam Italia (Coreis), Yahya Pallavicini menjelaskan bahwa perjanjian yang ditandatangani dengan pemerintah Italia disebut sebagai peristiwa bersejarah.

“Protokol menetapkan model kolaborasi antar-disiplin, dan menegaskan martabat dan kesempatan yang sama untuk berdoa di tempat-tempat ibadah bagi umat Islam di Italia,” kata Yahya Pallavicini.

Untuk itu, kabar tersebut menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi sekitar 2 juta umat muslim di Italia. Membanggakannya lagi lanjut Pallavicini, protokol perjanjian penting di masa pandemi ini ditandatangani pada upacara resmi di Palazzo Chigi, Kantor Perdana Menteri, sebagai bagian dari upaya Italia untuk membuka kembali semua tempat ibadah, termasuk gereja-gereja Katolik, mulai 18 Mei.

Sebagai informasi, protokol dimasa pandemi ini ditandatangani oleh Perdana Menteri Giuseppe Conte, Menteri Dalam Negeri Luciana Lamorgese, dan perwakilan dari empat organisasi Islam.

Keempat ormas Islam itu antara lain; Coreis (Komunitas Agama Islam Italia), Masjid Agung Roma, Persatuan Komunitas dan Organisasi Islam di Italia, dan Konfederasi Islam Italia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply