Nuzulul Quran dan Lailatul Qadr

 Nuzulul Quran dan Lailatul Qadr

Nuzulul Quran dan Lailatul Qadr (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Kata ‘anzalnahu’ dalam surat al-Qadr mengandung pemahaman bahwa Alquran diturunkan sekaligus di malam Lailatul Qadr. Namun Alquran tak selalu menggunakan kata ‘alzala, anzalna’, kadang pula menggunakan kata ‘nazzalna’ (nazzala) yang mengandung makna turun secara bertahap misal Ali ‘Imran ayat 3, juga al-Hijr ayat 9, dan seterusnya.

Masyhur para ulama telah memberikan pemahaman yang bagus nan mendalam terhadap perbedaan penggunaan dua kata ini. Tatkala Alquran bicara tentang penurunan Alquran dengan menggunakan kata ‘anzala’ yang berarti sekaligus, tidak bertahap.

Itu menunjukkan penurunan Alquran dari Lauh Mahfud, dari sisi Allah Ta’ala, kepada langit dunia. Tatkala menggunakan kata ‘nazzala’ yang berarti bertahap, tidak sekaligus.

Ini yang kita tahu secara umum, bahwa ayat-ayat Alquran diturunkan secara bertahap dalam durasi 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Itu menunjukkan penurunan Alqurandari langit dunia kepada Kanjeng Nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril.

Atas dasar pemahaman tersebut, rasanya tak ada kesulitan untuk memahami perihal perbedaan Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadr.

Kapan Waktu Lailatul Qadr?

Surat al-Qadr menggunakan kata ‘anzalnahu’ (berarti ‘menurunkan Alquransecara sekaligus). Artinya menunjuk kepada penurunan Alquran secara sekaligus dari Lauh Mahfud ke langit dunia, yang itu terjadi pada malam Lailatul Qadr.

Kapan waktu Lailatul Qadr itu? Wallahu a’lam bish shawab. Jumhur ulama, dari Imam Syafii hingga Ibnu Hajar Asqalani, menggambarkan dgn petunjuk-petunjuk masyhur yang mengerucut pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Adapun 17 Ramadan, yang lazim kita rayakan sebagai Nuzulul Quran, menunjuk kepada penurunan Alquran pertama kali kepada Nabi Saw dari langit dunia (dengan mengikuti keterangan di atas). Kemudian diikuti oleh penurunan ayat-ayat berikutnya hingga 22 tahun tadi pada malam 17 Ramadan.

Merujuk kepada keterangan para sahabat yang mengisahkan pertemuan dua pasukan dalam perang Badr. Sampai di sini kiranya telah clear apa itu nuzulul Quran dan Lailatul Qadr dan korelasinya dengan penurunan Alquran al-Karim.

Edi AH Iyubenu

Terkait

Leave a Reply