NU Inggris Bantu WNI di Inggris yang Terdampak Covid-19

 NU Inggris Bantu WNI di Inggris yang Terdampak Covid-19


HIDAYATUNA.COM, London – Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa NU Inggris, KH Didiek S Wiyono mengaku tergerak untuk WNI di Inggris yang terdampak virus corona.

Didiek mengatakan ada beberapa WNI di London dan kota-kota lain di Inggris, yang terdampak Corona dan mereka membutuhkan bantuan.  

“Mereka ada yang kesulitan akses pekerjaan dan keuangan,” kata Didiek dilansir dari laman resmi NU, Jumat (1/5/2020).

Untuk itu, Pengurus Cabang Istimewa NU Inggris merasa perlu membentuk LAZISNU di Inggris untuk mewadahi charity, zakat, infak, dan sedekah.

“Kami dari PCINU (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama) Inggris mendirikan Lazisnu Cabang Inggris agar menjadi sistem donasi, infak, sedekah, dan zakat bagi Nahdliyin di Britania Raya,” sambung Didiek.

Ia menambahkan, infak dan sedekah akan digunakan untuk program-program kemanusiaan, sementara zakat fitrah dan zakat maal, akan disalurkan dengan mekanisme penyaluran sesuai dengan prinsip fiqih.  

“Jadi kita akan prioritaskan bantuan-bantuan dari donasi dan kegiatan-kegiatan charity untuk program kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara, zakat maal, zakat profesi dan zakat fitrah sudah ada kejelasannya. “Kami juga dibantu tim LAZISNU PBNU, yang membantu sistem keuangannya,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply