NU dan Muhammadiyah di Inggris Kompak Lawan Corona

 NU dan Muhammadiyah di Inggris Kompak Lawan Corona


HIDAYATUNA.COM, Inggris – Dua organisasi besar Islam di dunia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah di Inggris kompok bersama-sama berkomitmen untuk memerangi pandemi virus corona.

Hal ini menyusul setelah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Inggris (PCINU Inggris) dan PCI Muhammadiyah Inggris menyatakan sepakat untuk kajian aksi bersama melawan virus asal Wuhan, Cina tersebut. Kolaborasi ini dimulai dengan kajian bersama, membahas tentang voluntarisme, Sabtu (11/4) kemarin.

Dalam kajian online bertajuk ‘Voluntarisme di Tengah Covid-19: dari Teknologi dan Filantropi untuk Negeri’ ini menghadirkan pembicara Ruly A Santabrata (KawalCovid19/Katib Syuriah PCI NU Inggris) dan Arif Rohman (Amcolabora Institute/Sekum PCI Muhammadiyah Inggris).

Sekretaris PCI Nahdlatul Ulama Inggris, Munawir Aziz mengungkapkan kajian bersama antara PCI Muhamadiyah dan PCI NU Inggris ini disebutnya sebagai jembatan silaturahmi digital, agar bersama-sama dakwah Islam moderat, Islam rahmatan lil-alamin di level internasional.

“Sebagai sekretaris PCI NU Inggris, saya berkolaborasi dengan Mas Miftahul Ulum, Ketua PCI Muhammadiyah Inggris, seraya mengajak teman-teman PCI Muhammadiyah di Inggris, untuk bersama-sama menggerakkan umat, mencerdaskan, serta memainkan pola pemberdayaan bersama,” ungkap Munawir Aziz dalam keterangan tertulis dikutip Ahad (12/4/2020).

Munawir menambahkan, langkah tersebut diambil dalam rangka memperkuat ukhuwwah islamiyyah, ukhuwwah basyariyyah dari kedua ormas Islam terbesar di dunia tersebut.

Dalam program ini, PCINU dan PCI Muhamamdiyah juga didukung oleh komunitas-komunitas muslim Britania Raya, serta perwakilan pemerintah dari KBRI London.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply