Napi di Italia Akan Dapat Bimbingan Spiritual Islam

 Napi di Italia Akan Dapat Bimbingan Spiritual Islam


HIDAYATUNA.COM, Roma – Kabar menggembirakan datang dari umat Islam di negeri spaghetti, Italia. Bagaimana tidak, narapidana (napi) yang berstatus muslim akan mendapatkan bimbingan spiritual Islam oleh para imam di negara tersebut.

Hal ini menyusul telah dilakukannya penandatanganan antara Departemen Administrasi Lembaga Pemasyarakatan, Hakim Italia dengan UCOII (Persatuan Komunitas dan Organisasi Islam).

“Ini memungkinkan para imam untuk menawarkan bantuan spiritual kepada tahanan Muslim yang ditahan di penjara Italia,” kata Presiden UCOII Yassine Lafram dikutip dari Arab News, Senin (8/6/2020).

Sementara itu, Ketua Departemen Administrasi Lembaga Pemasyarakatan, Hakim Bernardo Petralia dalam keterangan tertulisnya mengatakan penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan pemerintah Italia dengan komunitas muslim di sana sebagai bentuk kebebasan beragama.

Dengan demikian, komunitas muslim, khususnya agama Islam di negara tersebut diakui dan dilindungi oleh Konstitusi Republik Italia.

“Ini yang akan menjamin hak tahanan untuk mengakui agama mereka juga saat mereka berada dalam tahanan. Muletnisitas populasi penjara Italia, adalah penting untuk memungkinkan setiap agama dianut dengan cara yang benar,” tulis Hakim Bernardo Petralia dalam siaran persnya.

Perlu diketahui, nota kesepahaman ini menyusul perjanjian yang ditandatangani bulan lalu antara Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan perwakilan komunitas Islam di Italia tentang pembukaan kembali masjid dan ruang shalat sebagai bagian dari respons ‘Fase 2’ negara itu terhadap penyakit COVID-19.

Perjanjian ini dianggap oleh perwakilan Muslim sebagai langkah menuju pengakuan resmi Islam sebagai agama di Italia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply